Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Rangkuman 5 Hasil Survei Elektabilitas Capres-Cawapres Bulan Januari, Pilpres 2 Putaran?

Inilah hasil survei terbaru elektabilitas calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) yang dirilis pada Januari 2024.

Penulis: Muhamad Deni Setiawan
Editor: Suci BangunDS
zoom-in Rangkuman 5 Hasil Survei Elektabilitas Capres-Cawapres Bulan Januari, Pilpres 2 Putaran?
TRIBUNNEWS/KPU/WGP
Para calon presiden (capres) Anies Baswedan, Prabowo Subianto, dan Ganjar Pranowo pada debat ketiga Pilpres 2024, Minggu (7/1/2024). Inilah hasil survei terbaru elektabilitas calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) yang dirilis pada Januari 2024. 

TRIBUNNEWS.COM - Inilah hasil survei terbaru elektabilitas calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) yang dirilis pada Januari 2024.

Berdasarkan hasil survei yang dikeluarkan oleh lima lembaga, pasangan nomor urut 2, yaitu Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka masih memimpin.

Sementara itu, pasangan nomor urut 1 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar alias Cak Imin selisih tipis dengan pasangan nomor urut 3 Ganjar Pranowo-Mahfud MD.

Pilpres 2024 Dua Putaran?

Sejauh ini, berdasarkan lima hasil survei yang dirangkum oleh Tribunnews.com, tak ada satu pun pasangan calon (paslon) yang memperoleh suara di atas 50 persen.

Oleh sebab itu, sampai saat ini peluang terbesar ialah Pilpres 2024 berjalan dua putaran.

Sebagai informasi, syarat dan skenario pilpres berjalan satu putaran tertuang dalam Undang-Undang Pemilihan Umum Nomor 7 Tahun 2017.

Tepatnya pada Pasal 416 ayat 1. Berikut syarat capres-cawapres dapat memenangkan pilpres satu putaran:

BERITA TERKAIT

Pasangan Calon terpilih adalah Pasangan Calon yang memperoleh suara lebih dari 50 persen (lima puluh persen) dari jumlah suara dalam Pemilu Presiden dan Wakil Presiden dengan sedikitnya 20 persen (dua puluh persen) suara di setiap provinsi yang tersebar di lebih dari 1/2 (setengah) jumlah provinsi di Indonesia.

Itu berarti paslon yang bisa memenangkan Pilpres 2024 melalui satu putaran adalah mereka yang meraih suara di atas 50 persen dan unggul lebih dari separuh dari total 38 provinsi yang ada di Indonesia.

Hasil Survei

Baca juga: Hasil Survei Partai Politik Pemilu Legislatif 2024, PDIP Bakal Menangkan Jawa Timur

1. Survei Puspoll Indonesia

Lembaga Pusat Polling (Puspoll) Indonesia merilis hasil survei nasional terbaru elektabilitas capres-cawapres, Selasa (2/1/2024).

Survei ini dilakukan pada 11-18 Desember 2023.

- Prabowo-Gibran: 41 persen

- Ganjar-Mahfud: 27,6 persen

- Anies-Cak Imin: 26,1 persen.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas