Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

KPU Bakal Batasi Jumlah Pengawal Pribadi saat Debat Cawapres Nanti, Disiapkan Ruang Khusus

KPU bakal menyediakan ruang khusus untuk para pengawal pribadi tim capres-cawapres yang nantinya tidak ikut masuk ke venue atau debat.

Penulis: Mario Christian Sumampow
Editor: Acos Abdul Qodir
zoom-in KPU Bakal Batasi Jumlah Pengawal Pribadi saat Debat Cawapres Nanti, Disiapkan Ruang Khusus
Tribunnews/JEPRIMA
Calon Wakil Presiden Nomor urut 1 Muhaimin Iskandar, Nomor Urut 2 Gibran Rakabuming Raka dan nomor urut 3 Mahfud MD saat mengikuti acara Debat Calon Wakil Presiden 2024 di JCC Senayan, Jakarta Pusat, Jumat (22/12/2023). Debat Pilpres 2024 seri kedua mengangkat tema debat yaitu Ekonomi kerakyatan dan digital, Keuangan, Investasi, Pajak, Perdagangan, Pengelolaan APBN-APBD, Infrastruktur dan Perkotaan. Tribunnews/Jeprima 

Laporan Wartawan Tribunnews, Mario Christian Sumampow

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI membatasi jumlah pengawal pribadi masing-masing tim pasangan calon dalam debat kedua calon wakil presiden (cawapres) atau debat keempat peserta pemilihan umum (pilpres) 2024. 

KPU bakal menyediakan ruang khusus untuk para pengawal pribadi tim capres-cawapres yang nantinya tidak ikut masuk ke venue atau debat. 

“Kalau kemarin jadi memang nanti kami akan coba atur pengawal pribadi enggak semuanya (masuk),” kata Anggota KPU RI August Mellaz di kantornya, Rabu (17/1/2024).  

Mellaz berharap tim pasangan calon dapat mengikuti aturan yang ditetapkan KPU ini. Pihaknya juga sudah berkoordinasi dengan aparat keamanan yang nantinya berjaga untuk melakukan sterilisasi. 

“Jadi, sebagian nanti masuk ke dalam, akan kita sediakan juga untuk holding room buat pasangan calon presiden wakil presiden,” tuturnya.

“Nah, tentu kami juga sangat mengharapkan kepada tim paslon ke pasangan calon presiden-wakil presiden karena ini juga kegiatannya KPU,” tambah Mellaz menegaskan. 

BERITA REKOMENDASI

Meski tidak menyebut jumlah secara rinci, Mellaz menekankan jumlah maksimal pengawal pribadi yang boleh masuk adalah setengah dari jumlah pengawal yang masuk dalam debat sebelumnya. 

Tema kedua debat cawapres ini adalah: lingkungan hidup, sumber daya alam dan energi, pangan, agraria, masyarakat adat, dan desa.

Baca juga: Ketua Bawaslu RI Tersinggung Dengar Kabar Anggota Panwascam Kota Medan Dianiaya Simpatisan Caleg

Debat bakal kembali digelar di Jakarta Convention Center (JCC). Seperti tiga debat sebelumnya, debat bakal berlangsung pukul 19.00 WIB dengan durasi 120 menit. 

Foto: Anggota KPU RI August Mellaz di Kantor KPU RI, Jakarta, saat memberikan keterangan soal hasil rapat finalisasi untuk debat cawapres kedua, Rabu (17/1/2024). (Mario Sumampow).

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Terkait

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas