Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun
Tujuan Terkait

Bawaslu Akui Tak Cukup Personel untuk Mengawasi Kampanye Akbar, Minta Partisipasi Aktif Masyarakat

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI mengakui tidak punya cukup personel untuk mengawasi rapat umum atau kampanye akbar capres-cawapres hari terakhir.

Penulis: Mario Christian Sumampow
Editor: Wahyu Aji
zoom-in Bawaslu Akui Tak Cukup Personel untuk Mengawasi Kampanye Akbar, Minta Partisipasi Aktif Masyarakat
WARTAKOTA/YULIANTO
Ketua Bawaslu Rahmat Bagja (kedua kiri) bersama jajaran Anggota Bawaslu, Puadi (kiri), Loly Suhenty (kedua kanan) dan Totok Hariyono (kanan) memberikan keterangan pers menyikapi berbagai isu aktual pada tahapan masa kampanye di Media Center Bawaslu, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (19/12/2023). Selama 22 hari masa kampanye, Bawaslu telah melakukan 90.716 upaya pencegahan, tangani 70 dugaan pelanggaran, 126 dugaan pelanggaran konten internet (siber) terkait Pemilu, dan menyelesaikan 13 sengketa proses antar-peserta Pemilu. Warta Kota/Yulianto 

Laporan Wartwan Tribunnews, Mario Christian Sumampow

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI mengakui tidak punya cukup personel untuk mengawasi rapat umum atau kampanye akbar capres-cawapres hari terakhir.

”Enggak, kalau dibilang cukup, enggak,” kata Ketua Bawaslu RI Rahmat Bagja saat ditemui di kantornya, Jumat (19/1/2024). 

Namun begitu pihaknya bakal terus berupaya untuk terus berkoordiasi dalam hal melakukan pengawasan ini.  Di satu sisi Bagja juga berharap partisipasi aktif dari masyarakat.

“Tapi ya tentu kita ada koordinasi, namanya ada alat komunikasi dan lain-lain kan bisa kemudian kita lakukan komunikasi,” ungkapnya.

“Peran aktif masyarakat sangat diperlukan untuk itu, karena memang rapat umum kan cukup besar dan banyak orang,” ia menambahkan.

Sebagai informasi, Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah menetapkan jadwal kampanye akbar capres-cawapres.

BERITA REKOMENDASI

Dalam Keputusan KPU Nomor 76  Tahun 2024 telah ditetapkan lokasi untuk tiga hari terakhir kampanye akbar capres-cawapres, yakni dari 8 hingga 10 Februari 2024.

Untuk pasangan calon (paslon) nomor urut Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar selama tiga hari bakal bergantian untuk berkampanye di Jawa Barat, Jawa Timur (Sidoarjo), dan DKI Jakarta, tepatnya di Jakarta International Stadium.

Paslon nomor urut 2 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka bakal berkampanye di Jawa Tengah, Jawa Timur (Surabaya), dan DKI Jakarta, tepatnya di Gelora Bung Karno (GBK). 

Pasangan paslon nomor urut 3 Ganjar Pranowo dan Mahfud MD bakal berkampanye di Jawa Tengah, DKI Jakarta, dan ditutup di Jawa Tengah.

Kampanye akbar ini terdiri dari tiga zona: Zona A terdiri dari 13 provinsi, Zona B terdiri dari 3 provinsi, dan Zona C terdiri dari 12 Provinsi.

Baca juga: Daftar Lokasi Kampanye Akbar Anies-Cak Imin, Prabowo-Gibran dan Ganjar-Mahfud, Dimulai 21 Januari

Kampanye akbar adalah salah satu metode kampanye pemilu yang dapat dilakukan oleh peserta pemilu selama 21 hari sampai dengan akhir masa kampanye pemilu. 

Jarak waktu pelaksanaan kampanye pemilu akbar peserta pemilu pada setiap zona adalah selama satu hari. 

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of

asia sustainability impact consortium

Follow our mission at sustainabilityimpactconsortium.asia

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Terkait

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas