Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Gibran: Program Hilirisasi Harus Dilanjutkan, Tak Boleh Lagi Kirim Barang Mentah

RI memiliki cadangan nikel terbesar di dunia dan cadangan timah terbesar kedua di dunia.

Penulis: Endrapta Ibrahim Pramudhiaz
Editor: Seno Tri Sulistiyono
zoom-in Gibran: Program Hilirisasi Harus Dilanjutkan, Tak Boleh Lagi Kirim Barang Mentah
(Tangkap layar YouTube KPU RI)
Capres 2024 Prabowo Subianto dan Cawapres 2024 Gibran Rakabuming Raka menjalani debat keempat Pilpres 2024, Minggu (21/1/2024), di Jakarta Convention Center (JCC). (Tangkap layar YouTube KPU RI) 

Laporan wartawan Tribunnews.com, Endrapta Pramudhiaz

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Calon wakil presiden nomor urut 2, Gibran Rakabuming Raka, menyebut bahwa program hilirisasi harus dilanjutkan dan diperluas cakupannya.

Ia mengatakan, Indonesia memiliki sumber daya alam yang sangat kaya. Di antaranya, RI memiliki cadangan nikel terbesar di dunia dan cadangan timah terbesar kedua di dunia.

"Oleh karena itu program hilirisasi harus dilanjutkan dan diperluas cakupannya," kata Gibran dalam acara Debat Keempat Calon Wakil Presiden Pemilu Tahun 2024, Minggu (21/1/2024).

Baca juga: Perdana Erina Gudono Hadir di Debat Pilpres 2024, Bersama sang Suami Kaesang Beri Dukungan ke Gibran

"Tidak hanya hilirisasi tambang saja, tapi juga hilirisasi pertanian, sektor maritim, dan juga hilirisasi digital. Intinya kita tidak boleh lagi mengirim barang mentah," lanjutnya.

Ia juga menjelaskan bahwa untuk mengurangi ketergantungan pada energi fosil, ia akan mendorong transisi menuju energi hijau.

Gibran mengatakan, energi hijau itu seperti bio avtur, biodiesel, dan juga bioetanol yang sudah dilakukan meliputi B35 dan B40.

BERITA REKOMENDASI

Kemudian, putra dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) itu juga mengungkapkan bahwa potensi energi baru terbarukan RI juga luar biasa, bisa mencakup 3.686 Gigawatt yang meliputi energi surya, angin, air, bio energi, dan juga panas bumi.

"Oleh karena itu, kerja sama pentahelix wajib untuk didorong," kata Gibran.
--

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas