Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Gibran: Tantangan Zaman Now Solusinya juga Harus dengan Cara Zaman Now

Kata Gibran, upaya yang menjadi ujung tombak bagi pihaknya dalam menangani tantangan zaman ke depan adalah dengan melakukan hilirisasi.

Penulis: Rizki Sandi Saputra
Editor: Acos Abdul Qodir
zoom-in Gibran: Tantangan Zaman Now Solusinya juga Harus dengan Cara Zaman Now
TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Cawapres nomor urut dua Gibran Rakabuming Raka saat mengikuti debat ketiga Pilpres 2024 di JCC Senayan, Jakarta, Minggu (21/1/2024). Debat keempat ini bertemakan energi, sumber daya alam, sumber daya manusia, ajak karbon, lingkungan hidup dan agraria serta masyarakat adat. TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN 

Laporan Reporter Tribunnews.com, Rizki Sandi Saputra

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Calon wakil presiden (cawapres) RI nomor urut 2, Gibran Rakabuming Raka memfokuskan soal penanganan beragam tantangan yang terjadi atas kondisi lingkungan di Indonesia.

Kata Gibran, upaya yang menjadi ujung tombak bagi pihaknya dalam menangani tantangan zaman ke depan adalah dengan melakukan hilirisasi.

Pernyataan itu disampaikan Gibran dalam pernyataan penutup dalam debat cawapres kedua Pilpres 2024 yang digelar KPU di JCC Senayan, Jakarta, Minggu (21/1/2024).

"Saya tidak akan bosan-bosan membahas hilirisasi, dengan hilirisasi kita akan keluar dari midle income trap, dengan hilirisasi kita akan meningkatkan nilai tambah di dapam negeri, dengan hilirisasi kita akan membuka lapangan pekerjaan seluas-luasnya," kata Gibran di JCC Senayan, Jakarta.

Akan tetapi kata Gibran dalam melakukan hilirisasi itu perlu juga diperhatikan soal kondisi sekitar.

Jangan sampai kata dia, malah menjadikan rakyat sebagai korban karena tidak seimbangnya kondisi alam.

BERITA REKOMENDASI

"Tantangannya bagaimana kita mencari titik tengah keseimbangan lanjutkan hilirisasi tapi wajib menjaga lingkungan," kata Gibran.

"Tingkatkan produktivitas pertanian dan sektor maritim tapi wajib menjaga keseimbangan alam," lanjutnya.

Tak hanya itu, Gibran tak memungkiri kalau krisis iklim yang saat ini mulai terjadi akan menimbulkan dampak hebat bagi kondisi alam Indonesia ke depan.

Salah satu dampaknya yakni meningginya muka air laut serta kekeringan yang ancamannya semakin nyata.

"Tentunya dalam pelaksanaannya dipikirkan aspek lingkungan keberlanjutan dan sosialnya. Dampak perubahan iklim semakin nyata, banjir, kekeringan, kenaikan air laut ini adalah ancaman nyata dan sudah di depan mata," beber dia.

Baca juga: Momen Mahfud MD Anggap Pertanyaan Gibran Receh dan Jawabannya Ngawur soal Green Inflation

Dalam posisi ini, Gibran menegaskan kalau solusi dalam upaya menyelesaikan tantangan zaman sekarang harus dilakukan dengan upaya yang kekinian juga.

"Tantangan ini merupakan tantangan zaman now membutuhkan solusi zaman now.  Sekali lagi tantangan zaman now membutuhkan solusi zaman now," kata dia.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas