Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Guntur Soekarnoputra, Dulu Puji Kenegarawanan Jokowi, Kini Balik Arah Dinilai 'Serang' Presiden

Putra pertama Presiden Soekarno, Guntur Soekarnoputra, menyinggung nasib Presiden Jokowi bisa ditentukan apabila Ganjar-Mahfud menang.

Penulis: Milani Resti Dilanggi
Editor: Wahyu Gilang Putranto
zoom-in Guntur Soekarnoputra, Dulu Puji Kenegarawanan Jokowi, Kini Balik Arah Dinilai 'Serang' Presiden
Tribunnews.com/Fahmi Ramadhan
Putra pertama proklamator Ir Soekarno atau Bung Karno, Guntur Soekarnoputra, saat orasi di depan ratusan relawan dalam acara Rock N Roll Bersama Ganjar Pranowo dan Guntur Soekarno di Rumah Aspirasi Relawan Ganjar-Mahfud MD, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (29/1/2024) - Putra pertama Presiden Soekarno, Guntur Soekarnoputra, menyinggung nasib Presiden Jokowi bisa ditentukan apabila Ganjar-Mahfud menang. Fahmi Ramadhan 

TRIBUNNEWS.COM - Sikap putra pertama Presiden RI Ir Soekarno atau Bung Karno, Guntur Soekarnoputra, memandang sosok Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat ini seolah berbanding terbalik dengan pernyataannya beberapa waktu lalu. 

Guntur mengatakan, nasib Presiden Joko Widodo (Jokowi) bisa 'diurus' apabila pasangan calon (paslon) nomor urut tiga, Ganjar Pranowo-Mahfud MD, menang di Pilpres 2024 dan berkuasa di Tanah Air. 

Hal itu diucapkan Guntur di hadapan puluhan relawan Ganjar Pranowo-Mahfud MD di acara Rock N Roll Bersama Ganjar di Menteng, Jakarta, Senin (29/1/2024).




Pengamat menilai pernyataan Guntur itu merendahkan Presiden Jokowi

"Pernyataan itu bentuk kritikan yang keras dari Guntur. Sejatinya, kritikannya jangan seperti itu, karena (pernyataan) itu seperti mengejek Jokowi, terlalu merendahkan Jokowi," kata pengamat politik dari Universitas Al-Azhar Indonesia, Ujang Komarudin, Senin (29/1/2024). 

Ujang bahkan menilai pernyataan politikus PDI Perjuangan itu (PDIP) itu bentuk serangan kepada Jokowi karena dianggap sudah tak sejalan dengan partai berlambang banteng itu. 

"Yang dilakukan oleh Guntur itu bagian dari ‘serangan’ PDI-P kepada Jokowi yang dianggap sudah tidak sejalan lagi dengan garis partai."

BERITA TERKAIT

"Tapi, apapun itu, kita sudah sama-sama tahu bahwa Jokowi punya pilihan, PDI-P juga punya pilihan dan pilihannya berbeda, maka suka tidak suka dalam konteks Pilpres 2024 ya bertempur antara PDI-P dengan Jokowi,” tuturnya

Ujang menilai pernyataan Guntur justru bisa menjadi boomerang bagi dirinya maupun partai yang menaunginya, PDIP. 

"Apa yang dilakukan oleh Guntur sangat keras, terlalu keras, dan itu bukan hanya merugikan Guntur sendiri, tetapi juga PDI-P."

"Karena Jokowi pun bisa marah. Jokowi pun bisa ‘mengganjal’, bisa menghadang PDI-P maupun Ganjar-Mahfud untuk bisa unggul," jelasnya.

Baca juga: Sesalkan Ucapan Guntur Soekarnoputra, Relawan Jokowi Pro Prabowo: Dilandasi Sakit Hati

Dulu Puji Jokowi 

Guntur sempat melontarkan pujian terhadap sikap kenegarawanan Jokowi yang sudah malang melintang sebagai pejabat pemerintahan. 

Ia menganggap pemikiran dan pengalaman Jokowi dinilai sangat dibutuhkan bangsa dan negara ini. 

Oleh karenannya, Guntur mengatakan bahwa Jokowi sudah sepatutnya tetap berada dalam lingkaran kekuasaan dan pemerintahan, paling tidak sebagai ketua umum partai politik.

Halaman
123
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas