Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

7 Hasil Survei Elektabilitas Jelang Debat Capres, Prabowo-Gibran Teratas

Berikut hasil survei elektabilitas calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) di jelang debat Pilpres 2024.

Penulis: Muhamad Deni Setiawan
Editor: Bobby Wiratama
zoom-in 7 Hasil Survei Elektabilitas Jelang Debat Capres, Prabowo-Gibran Teratas
KPU
Anies Baswedan, Prabowo Subianto, dan Ganjar Pranowo pada debat pertama Pilpres 2024, Selasa (12/12/2023). Debat ketiga untuk capres bakal digelar Minggu, 7 Januari 2024. Ini tema, lokasi, moderator, panelis, dan forrmat debat. Berikut hasil survei elektabilitas calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) di jelang debat Pilpres 2024. 

TRIBUNNEWS.COM - Berikut hasil survei elektabilitas calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) di jelang debat Pilpres 2024.

Debat kelima atau terakhir pada Pilpres 2024 akan berlangsung di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta, Minggu (4/2/2024) mendatang.

Tema yang diusung dalam debat adalah Kesejahteraan Sosial, Kebudayaan, Pendidikan, Teknologi Informasi, Kesehatan, Ketenagakerjaan, Sumber Daya Manusia, dan Inklusi.

Berdasarkan hasil survei terbaru yang dikeluarkan oleh tujuh lembaga, jelang debat berlangsung elektabilitas pasangan capres-cawapres nomor urut 2 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka masih kokoh di posisi teratas.

Prabowo-Gibran rata-rata memperoleh suara di angka 40-an persen. Mereka unggul cukup jauh dibandingkan dua pasangan calon (paslon) lain.

Kemudian, pasangan nomor urut 1 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar bersaing ketat dengan pasangan nomor urut 3 Ganjar Pranowo-Mahfud MD.

Dua lembaga survei menempatkan Ganjar-Mahfud di urutan kedua sedangkan lima lembaga lain menunjukkan Anies-Muhaimin di atas pasangan nomor urut 3 itu. Berikut selengkapnya:

1. Charta Politika

BERITA TERKAIT

Charta Politika melakukan survei elektabilitas capres-cawapres pada periode 4-11 Januari 2024. Hasilnya sebagai berikut:

  • Prabowo-Gibran: 42,2 persen
  • Ganjar-Mahfud: 28 persen
  • Anies-Muhaimin: 26,7 persen

Baca juga: Survei Terbaru Indikator Soal Elektabilitas Parpol di Jatim: Gerindra Salip PDIP, PKB Stabil

Sementara itu, 3,1 persen responden menjawab tidak tahu atau tidak jawab.

Sebagai informasi, metode yang digunakan dalam survei ini adalah multistage random sampling dan pengumpulan data dilakukan secara tatap muka dengan memberikan pertanyaan secara langsung.

Jumlah sampel yang digunakan sebesar 1.220 responden dengan margin of error 2,82 persen.

Kriteria responden terpilih adalah minimal 17 tahun ke atas atau sudah memenuhi syarat memilih. Wilayah cakupan survei adalah seluruh provinsi di Indonesia.

2. LSI Denny JA

LSI Denny JA merilis hasil survei elektabilitas capres-cawapres pada Kamis (18/1/2024).

Survei ini menunjukkan Ganjar-Mahfud unggul tipis atas Anies-Cak Imin di posisi kedua.

  • Prabowo-Gibran: 46,6 persen
  • Ganjar-Mahfud: 24,8 persen
  • Anies-Muhaimin: 22,8 persen
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas