Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

LSN: Ada Tiga Faktor Pilpres Dapat Berlangsung Dua Putaran

pilpres bakal berlangsung dua putaran jika tingkat kepuasan publik tiba-tiba anjlok sangat drastis beberapa hari jelang pemilu.

Penulis: Mario Christian Sumampow
Editor: Muhammad Zulfikar
zoom-in LSN: Ada Tiga Faktor Pilpres Dapat Berlangsung Dua Putaran
Tribunnews/JEPRIMA
Pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden nomor urut 1 Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar, nomor urut 2 Prabowo Subianto dan Gibran rakabuming Raka, nomor urut 3 Ganjar Pranowo dan Mahfud MD berbincang usai mengikuti debat kelima Calon Presiden Pemilu 2024 di Jakarta Convention Center, Senayan, Jakarta Pusat, Minggu (4/2/2024). Debat kelima mengangkat tema kesejahteraan sosial, kebudayaan, pendidikan, teknologi informasi, kesehatan, ketenagakerjaan,sumber daya manusia dan inklusi. Tribunnews/Jeprima 

Laporan Wartawan Tribunnews, Mario Christian Sumampow

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Ada tiga faktor yang disebut oleh Lembaga Survei Nasional (LSN) yang dapat membuat pemilihan umum presiden dan wakil presiden (pilpres) dapat berlangsung dua putaran. 

Direktur Eksekutif LSN, Gema Nusantara Bakry membeberkan beberapa faktor itu. Pertama, pilpres bakal berlangsung dua putaran jika tingkat kepuasan publik tiba-tiba anjlok sangat drastis beberapa hari jelang pemilu. 

Baca juga: Perbandingan 3 Hasil Survei Capres Jelang Pencoblosan di Pilpres 2024 dengan Pilpres 2019

"Kedua, di sisa waktu yang ada Prabowo atau Gibran membuat blunder-blunder yang dapay menyebabkan antipati publik," kata Gema dalam rilis survei LSN yang berlangsung daring, Sabtu (10/2/2024). 

Kemudian faktor ketiga yang bakal menyebabkan berlanjutnya pilpres ke putaran kedua adalah ketika pasangan calon Anies-Muhaimin atau Ganjar-Mahfud bisa membuat gebrakan yang mampu menghipnotis kekaguman publik luas dalam waktu singkat.

Baca juga: TKN Ungkap Ada Kemungkinan Prabowo-Gibran Selalu Libatkan Jokowi Jika Terpilih di Pilpres 2024

Berdasarkan survei LSN, mayoritas publik atau 66,8 persen responden mengaku setuju Pilpres 2024 cukup berlangsung dalam satu putaran saja. 

Berdasarkan analisis tabulasi silang yang dilakukan LSN, ternyata bukan hanya pendukung Prabowo-Gibran yang menginginkan pilpres satu putaran. Sebanyak 21,5 persen responden yang mengaku akan memilih pasangan Anies-Cak Imin ternyata juga berharap Pilpres dapat berlangsung dalam satu putaran.

BERITA REKOMENDASI

"Sedangkan di kubu Ganjar-Mahfud MD bahkan sekitar 32,1 persen calon pemilihnya juga menginginkan Pilpres 2024 dapat diselesaikan dalam satu putaran saja," pungkas Gema. 

Adapun metodologi survei dilakukan tanggal 4 hingga 9 Februari di 38 Provinsi di Indonesia. Populasi survei adalah warga negara Indonesia yang minimal telah berusia 17 tahun.

Jumlah sampel sebesar 1.200 responden dan diperoleh melalui teknik pengambilan sampel secara acak sistematis dengan margin of error lebih kurang 2,83 persen dan pada tingkat kepercayaan sebesar 95 persen.

Baca juga: Semangat Pendukung Membuat Maruarar Sirait Yakin Prabowo-Gibran Menang di Pilpres 2024

Pengumpulan data dilakukan menggunakan telepon oleh tenaga terlatih dengan bantuan paduan atau pedoman kuesioner. Responden terdistribusi 50 persen laki-laki dan 50 persen perempuan. 

Survei ini juga dilengkapi dengan penelusuran data percakapan warganet melalui media monitoring dari berbagai platform media sosial. 

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas