Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

TPS 12 Panembahan, Lokasi Sri Sultan HB X Nyoblos Kental Nuansa Klasik Khas Keraton

TPS ini kental nuansa klasik nan elegan khas Keraton, apalagi bangunan Ndalem Cokronegaran didominasi pilar-pilar penuh ukiran warna putih emas.

Editor: Dewi Agustina
zoom-in TPS 12 Panembahan, Lokasi Sri Sultan HB X Nyoblos Kental Nuansa Klasik Khas Keraton
Tribunjogya.com/Yuwantoro Winduajie
Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono (HB) X akan menggunakan hak pilihnya pada Pemilu 2024 di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 12 Panembahan, Rabu (14/2/2024). TPS ini kental nuansa klasik nan elegan khas Keraton, apalagi bangunan Ndalem Cokronegaran didominasi pilar-pilar penuh ukiran warna putih emas, ornamen dinding, lampu kristal, kaca, pintu serta jendela yang berukuran besar. 

TRIBUNNEWS.COM, YOGYA - Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono (HB) X akan menggunakan hak pilihnya pada Pemilu 2024 di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 12 Panembahan, Rabu (14/2/2024) pagi ini.

TPS 12 Panembahan yang berlokasi di Ndalem Cokronegaran, Jalan Magangan Wetan, Kemantren Kraton, Kota Yogyakarta.

Baca juga: Pemilu 2024: Dokumen yang Wajib Dibawa ke TPS dan Cara Mencoblos Surat Suara

TPS ini hanya berbatasan pagar dengan pintu Keraton sisi selatan tepatnya Bangsal Magangan.

Pantauan Tribun Jogja, Selasa (13/2/2024), sejumlah persiapan telah dilakukan oleh Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) di TPS 12.

TPS ini kental nuansa klasik nan elegan khas Keraton, apalagi bangunan Ndalem Cokronegaran didominasi pilar-pilar penuh ukiran warna putih emas, ornamen dinding, lampu kristal, kaca, pintu serta jendela yang berukuran besar.

Suasana TPS 12 Panembahan di Ndalem Cokronegaran, Jalan Magangan Wetan, Kemantren Kraton, Kota Yogyakarta, Rabu (14/2/2024) siang, yang akan menjadi lokasi nyoblos Sri Sultan HB X di Pemilu 2024.
Suasana TPS 12 Panembahan di Ndalem Cokronegaran, Jalan Magangan Wetan, Kemantren Kraton, Kota Yogyakarta, Rabu (14/2/2024) siang, yang akan menjadi lokasi nyoblos Sri Sultan HB X di Pemilu 2024. (TRIBUNJOGJA.COM/HANIF SURYO)

Adapun penempatan empat bilik kotak suara berada di pendapa Ndalem Cokronegaran, di sisi barat berjejer rapi kursi yang nantinya digunakan sebagai tempat menunggu antrean Sultan dan keluarga, serta warga yang nantinya akan menggunakan hak pilihnya.

Ketua KPPS 12 Panembahan, Suroto, mengatakan total Daftar Pemilih Tetap (DPT) di TPS tersebut berjumlah 283 orang plus Daftar Pemilih Tambahan (DPtb).

BERITA REKOMENDASI

Selain Sri Sultan HB X serta sang istri, GKR Hemas, anak, menantu dan cucu yakni GKR Hayu dan suami, GKR Maduretno dan suami, serta GKR Bendara dan suami juga akan menggunakan hak pilihnya di TPS 12 Panembahan.

Baca juga: Hari ini Presiden Jokowi Nyoblos di Jakarta, Wapres Maruf Amin di Cimanggis

Sementara untuk GKR Mangkubumi dan KPH Wironegoro akan mencoblos di TPS yang berbeda, di Ndalem Suryocondro.

"Biasanya Ngarsa Dalem hadir sebelum jam 07.00 WIB, beliau yang memberikan hak suara pertama beserta istri dan keluarga," kata Suroto.

Sama halnya dengan Pemilu sebelumnya, lanjut Suroto, petugas KPPS di TPS 12 Panembahan akan menggunakan pakaian adat Jawa.

"Kalau rencana kami menggunakan pakaian Jawa, lengkap dengan blangkon. Karena kami melayani gubernur yang juga raja, jadi kami menyesuaikan," ujarnya.

Pada Pemilu 2019 lalu, petugas KPPS di TPS ini menggunakan surjan dengan lirik cokelat dipadu jarik dan blangkon khas Yogyakarta.

Artikel ini telah tayang di TribunJogja.com dengan judul Sri Sultan HB X Nyoblos di TPS 12 Panembahan, Petugas KPPS Bakal Kenakan Busana Adat Jawa

Sumber: Tribun Jogja
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas