Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Voxpol Buka Suara usai Beredar Hasil Quick Count AMIN Tembus 41,37 Persen, Sebut Hoax

Voxpol buka suara terkait screenshot yang memperlihatkan AMIN meraih 41,37 persen versi pihaknya.

Penulis: Yohanes Liestyo Poerwoto
Editor: Garudea Prabawati
zoom-in Voxpol Buka Suara usai Beredar Hasil Quick Count AMIN Tembus 41,37 Persen, Sebut Hoax
istimewa
Analis Politik Sekaligus CEO & Founder Voxpol Center Research and Consulting Pangi Syarwi Chaniago. Voxpol buka suara terkait screenshot yang memperlihatkan AMIN meraih 41,37 persen versi pihaknya. 

TRIBUNNEWS.COM - Direktur Eksekutif Voxpol Center Research and Consulting, Pangi Syarwi Chaniago membantah soal tangkapan layar atau screenshot hasil quick count yang mengatasnamakan pihaknya dan terpampang di teks berjalan atau running text di salah satu stasiun televisi swasta nasional.

Adapun dalam screenshot tersebut, hasil quick count versi Voxpol menunjukkan pasangan capres-cawapres nomor urut 1, Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar (AMIN) menang dengan raihan 41,37 persen.

Sedangkan pasangan capres-cawapres nomor urut 2, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka meraih 33,33 persen.




Sementara pasangan capres-cawapres nomor urut 3, Ganjar Pranowo dan Mahfud MD memperoleh 25,3 persen.

Tangkapan layar itu pun viral di media sosial X (dulu Twitter) lewat unggahan akun @brother_djon pada Kamis (15/2/2024) kemarin.

Bahkan, unggahan itu pun sudah dilihat sebanyak 4 juta kali, disukai 45 ribu kali, di-repost 8.800 kali, dan dikomentari sebanyak 2.500 orang per Jumat (16/2/2024) pukul 11.08 WIB.

Pangi pun menegaskan tangkapan layar yang mengatasnamakan pihaknya itu adalah hoaks atau tidak benar.

BERITA TERKAIT

Dia mengungkapkan quick count yang dilakukan oleh pihaknya tidak pernah memperlihatkan hasil seperti tangkapan layar tersebut.

Baca juga: Prabowo-Gibran Menang Pemilu Versi Quick Count, Bahlil Apresiasi Anak Muda Indonesia

Kendati demikian, Pangi mengakui bahwa proses pembuatan tangkapan layar itu sangat rapi sehingga tidak tampak bahwa gambar tersebut adalah hasil editing.

"Jadi pada data kita ini kelihatan di menit yang tersebar di screen captured (tangkapan layar) di salah satu stasiun televisi nasional itu, itu betul-betul hoaks sangat rapi."

"Hampir tidak terlihat gradasi warnanya, bagaimana mengeditnya, hampir tidak ada jejak di foto tangkapan layar itu. Begitu luar biasa kejahatan seperti ini," ujarnya dalam keterangan tertulis yang diterima Tribunnews.com.

Apabila merujuk pada timeline waktu yang terpampang dalam gambar tersebut, maka terlihat bahwa waktu menunjukkan pukul 15.21 WIB pada Rabu (14/2/2024) lalu.

Pangi pun menjelaskan, berdasarkan hasil quick count pada Rabu pukul 15.18 WIB, AMIN meraih suara sebanyak 23,99 persen.

Sedangkan Prabowo-Gibran memimpin dngan 58,04 persen dan Ganjar-Mahfud memperoleh 17,97 persen.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas