Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Tanggapan Pengamat soal para Pemimpin Dunia yang Ucapkan Selamat kepada Prabowo

Respons pengamat soal capres nomor urut 2, Prabowo Subianto, mendapatkan ucapan selamat atas kemenangannya pada Pilpres 2024 dari para pemimpin dunia.

Penulis: Muhamad Deni Setiawan
Editor: Febri Prasetyo
zoom-in Tanggapan Pengamat soal para Pemimpin Dunia yang Ucapkan Selamat kepada Prabowo
AFP/YASUYOSHI CHIBA
Kandidat presiden Indonesia, Prabowo Subianto, memberi isyarat setelah menodai jarinya dengan tinta di tempat pemungutan suara setelah ia memberikan suara dalam pemilihan presiden dan legislatif Indonesia di Bogor, Jawa Barat pada 14 Februari 2024. Respons pengamat soal capres nomor urut 2, Prabowo Subianto, mendapatkan ucapan selamat atas kemenangannya pada Pilpres 2024 dari para pemimpin dunia. (Photo by Yasuyoshi CHIBA / AFP) 

TRIBUNNEWS.COM - Calon presiden (capres) nomor urut 2, Prabowo Subianto, telah mendapatkan ucapan selamat atas kemenangannya pada Pilpres 2024 dari sejumlah pemimpin dunia.

Padahal, rekapitulasi suara yang dilakukan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) saat ini belum rampung.

Menurut Direktur Eksekutif Indikator Politik, Burhanuddin Muhtadi, ucapan selamat ini memiliki makna strategis dan penting.

Ia menyebut pemimpin dunia sudah mengetahui, meski masih belum resmi, kemungkinan besar hasil quick count tak jauh berbeda dengan hasil real count KPU.

“Jadi memberi semacam makna simbolik bahwa tanpa harus menunggu proses formal selesai di tingkat KPU karena proses perhitungannya dilakukan secara berjenjang."

"Pemimpin dunia sudah mengetahui meskipun masih unofficial, tetapi kemungkinan besar hasil quick count itu tidak akan berbeda jauh dengan hasil real count KPU,” ujar Burhanuddin, Kamis (14/3/2024), dilansir dari WartaKotalive.com.

Ia berpendapat makna ucapan itu, dalam konteks dunia internasional, mengabarkan proses transisi kepemimpinan di Indonesia tanpa menimbulkan gejolak, meski transisinya masih menunggu pelantikan hingga Oktober 2024 mendatang.

BERITA TERKAIT

“Sepertinya sudah ada persiapan di kalangan pemimpin dunia bahwa pasca-Presiden Jokowi, Prabowo yang akan melanjutkan,” kata Burhanuddin.

Sejumlah pemimpin dunia yang sudah menyampaikan selamat kepada Prabowo antara lain Perdana Menteri (PM) India Narendra Modi dan Presiden Filipina Ferdinand Marcos Jr. atau Bongbong Marcos.

Kemudian, Perdana Menteri (PM) Australia Anthony Albanese, PM Singapura Lee Hsien Loong, PM Inggris Rishi Sunak, hingga Presiden Rusia Vladimir Putin.

Baca juga: PDI Perjuangan Raih Suara Tertinggi di Provinsi Tempat Kelahiran Ibu Prabowo, Gerindra Nomor Lima

KawalPemilu Nyatakan Prabowo Menang

Sementara itu, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka dinyatakan menang dari hasil real count yang dihitung oleh organisasi masyarakat sipil pengawal pemilu, yakni kawalpemilu.org.

Ucapan selamat atas kemenangan ini diunggah langsung lewat akun sosial media KawalPemilu, meski data yang masuk belum mencapai 100 persen.

"Hasil penghitungan suara REAL COUNT KawalPemilu 2024 masih tersisa 17.3 persen cakupan TPS. Namun, tidak akan mengubah hasil penghitungan sementara."

"Oleh karena itu kami mengucapkan selamat kepada Paslon 02 yang menang satu putaran lebih dari 50 persen pada Pilpres 2024," tulis kawalpemilu.org, Senin (11/3/2024), dilansir Kompas.com.

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas