Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Respons Partai dari Kubu Anies dan Ganjar soal Hasil Pilpres 2024

Sikap kubu Anies dan Ganjar menanggapi hasil Pilpres 2024, Rabu (20/3/2024), di mana KPU menetapkan Prabowo-Gibran sebagai pemenang.

Penulis: Muhamad Deni Setiawan
Editor: Whiesa Daniswara
zoom-in Respons Partai dari Kubu Anies dan Ganjar soal Hasil Pilpres 2024
Kolase Tribunnews/KPU
Prabowo Subianto disebut bakal lebih mudah menghadapi Ganjar Pranowo ketimbang menghadapi Anies Baswedan bila Pilpres 2024 berlangsung dua putaran. Sikap kubu Anies dan Ganjar menanggapi hasil Pilpres 2024, Rabu (20/3/2024), di mana KPU menetapkan Prabowo-Gibran sebagai pemenang. 

TRIBUNNEWS.COM - Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah mengumumkan hasil Pemilu 2024, Rabu (20/3/2024).

Hasilnya, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka dinyatakan oleh KPU memenangkan Pilpres 2024.

Prabowo-Gibran unggul atas dua kandidat lain, yaitu Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD.




Menanggapi hal ini, dua partai politik dari Koalisi Perubahan, Partai NasDem dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) tampak menerima hasil tersebut.

Di mana Ketua Umum Partai NasDem, Surya Paloh, mengucapkan selamat atas kemenangan Prabowo-Gibran.

Paloh menyampaikan hal itu ketika NasDem menggelar konferensi pers atas hasil Pemilu 2024 di NasDem Tower, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (20/3/2024).

"Partai NasDem menyatakan menerima hasil pemilu tahun 2024 yang telah dilaksanakan pada tanggal 14 Februari 2024 yang lalu, baik pemilihan legislatif maupun pemilihan presiden dan wakil presiden."

BERITA TERKAIT

"Partai NasDem juga mengucapkan selamat kepada pasangan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka sebagai pemenang Pilpres 2024," ungkap Surya.

Selain itu, dalam poin pernyataan sikap lainnya, Surya juga menyampaikan ucapan selamat kepada seluruh partai politik peserta pemilu serta ketiga paslon yang telah berkontestasi di Pilpres 2024.

"Partai NasDem mengucapkan selamat kepada seluruh partai politik peserta pemilu legislatif tahun 2024 beserta dengan tiga pasangan calon yang telah mengikuti kontestasi pemilihan presiden pada Pemilu 2004," sambungnya.

Meski begitu, Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai NasDem, Hermawi Taslim, menegaskan partainya tetap akan mengajukan gugatan perselisihan hasil pemilihan umum (PHPU) ke Mahkamah Konstitusi (MK).

Baca juga: Ganjar-Mahfud Akan Susul Anies-Imin Gugat Hasil Pilpres 2024 ke MK, Hari Ini Atau Sabtu Besok

NasDem akan tetap maju ke MK, baik terlibat dalam Timnas AMIN untuk hasil pilpres, maupun NasDem sendiri untuk pileg.

“MK kita tetap maju baik dalam tim AMIN maupun sendiri sebagai Nasdem,” kata Hermawi kepada Tribunnews.com, Kamis (21/3/2024).

Bahkan NasDem telah menyiapkan 12 pengacara yang juga bergabung ke Timnas AMIN dalam pengajuan ke MK, di mana sengketa hasil pilpres tersebut sudah didaftarkan pada Kamis pagi.

Halaman
123
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas