Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

3 Nama Berpeluang Maju Pilgub Sumut dari PDIP, Hasto: Kami Terbuka Melakukan Penjaringan dari Bawah

Tiga nama dari PDIP berpeluang maju di Pilgub Sumut, yakni Edy Rahmayadi (Gubernur Sumut periode 2018-2023), Rahmansyah Sibarani dan Nikson Nababan.

Penulis: Chaerul Umam
Editor: Theresia Felisiani
zoom-in 3 Nama Berpeluang Maju Pilgub Sumut dari PDIP, Hasto: Kami Terbuka Melakukan Penjaringan dari Bawah
Tribunnews.com/ Fransiskus Adhiyuda
Sekretaris Jenderal DPP PDIP Hasto Kristiyanto. Tiga nama berpeluang maju dalam pemilihan gubernur (pilgub) Sumatera Utara 2024 dari PDI Perjuangan (PDIP). Ketiga nama itu di antaranya Edy Rahmayadi (Gubernur Sumut periode 2018-2023), Rahmansyah Sibarani dan Nikson Nababan. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Tiga nama berpeluang maju dalam pemilihan gubernur (pilgub) Sumatera Utara 2024 dari PDI Perjuangan (PDIP).

Ketiga nama itu di antaranya Edy Rahmayadi (Gubernur Sumut periode 2018-2023), Rahmansyah Sibarani dan Nikson Nababan.

Terkhusus nama yang terakhir, Nikson Nababan resmi melamar menjadi calon Gubernur Sumut dari PDIP

Nikson yang juga kader PDIP menyampaikan berkas pencalonannya pada Sabtu (6/4/2024).

Terkait dinamika tersebut, Sekjen DPP PDIP Hasto Kristiyanto mengungkapkan, PDIP sudah melakukan pemetaan dalam menjaring sosok-sosok potensial maju dalam Pilkada di berbagai wilayah, termasuk untuk di Sumut.

"Kami sudah melakukan pemetaan politik. Kami melihat karakter dari masyarakat Sumatera Utara yang sangat kritis," kata Hasto kepada wartawan di kawasan Sudirman, Jakarta Selatan, Minggu (7/4/2024).

Baca juga: Profil Rasyid Rajasa Maju Pilwalkot Palembang, Baliho Cari Istrinya Viral, Pernah Jadi Tersangka

Politikus asal Yogyakarta itu, menyarankan sosok-sosok yang ingin maju dalam Pilkada Sumatera Utara dan butuh dukungan PDIP untuk segera mendatangi kantor DPD maupun DPP partai.

BERITA REKOMENDASI

Sebab Hasto menekankan, PDIP terbuka kepada siapa pun tokoh yang ingin berkontestasi pada Pilkada.

"Maka, PDI Perjuangan melakukan penjaringan secara terbuka dari bawah. Bagi yang tertarik untuk menjadi gubernur atau wakil gubernur, dari PDI Perjuangan, silakan mendaftar baik di kantor DPD PDI Perjuangan Sumut maupun ke DPP partai," ujarnya.

Tegas Tak Akan Usung Menantu Jokowi Bobby Nasution

Sementara itu, Hasto menegaskan PDIP tidak akan kembali mengusung Wali Kota Medan, Bobby Nasution dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Sumatera Utara pada November 2024.

Hasto menyebut, menantu Presiden Joko Widodo (Jokowi) itu sudah tidak memiliki garis politik yang sama dengan PDIP.

"Ya tentu saja (tidak usung Bobby). Karena garis politiknya sudah berbeda," tegas Hasto.

Baca juga: Update 2 Menantu Jokowi: Bobby Nasution Mantap Maju Pilgub Sumut bersama Golkar, Erina Gudono?

Menantu Presiden Joko Widodo (Jokowi) sekaligus Wali Kota Medan, Bobby Nasution, usai mengikuti pengarahan bakal calon kepala daerah Partai Golkar di DPP Partai Golkar, Jakarta, Sabtu (6/4/2024).
Menantu Presiden Joko Widodo (Jokowi) sekaligus Wali Kota Medan, Bobby Nasution, usai mengikuti pengarahan bakal calon kepala daerah Partai Golkar di DPP Partai Golkar, Jakarta, Sabtu (6/4/2024). (Tribunnews.com/Fersianus Waku)

Sebelumnya, Bobby Nasution direkomendasikan oleh Partai Golkar untuk maju dalam Pilkada 2024 Sumatera Utara.

Hal ini diungkapkan oleh Ketua DPP Partai Golkar Ace Hasan Syadzily saat menjelaskan tentang kehadiran Bobby dalam acara pengarahan untuk bakal calon kepala daerah dan wakil kepala daerah di markas DPP Partai Golkar, Jakarta Barat, pada Sabtu (6/4/2024).

Menurut Ace, para tokoh yang hadir dalam acara pengarahan kemarin adalah mereka yang sudah direkomendasikan maju sebagai calon kepala daerah. 

"Figur yang hadir saat ini memang mereka yang telah direkomendasikan untuk menjadi calon kepala daerah karena setelah ini akan melalui proses survei yang pertama pada bulan yang akan datang. Melihat sejauh mana peta kekuatan dari masing masing figur yang sekarang hadir," ucap Ace.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas