Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Cak Imin Sebut Putusan MK Soal Sengketa Pilpres 2024 Tak Mengejutkan, Singgung Pelemahan Demokrasi

Muhaimin Iskandar alias Cak Imin, merespons putusan Mahkamah Konstitusi (MK) yang menolak gugatan sengketa Pilpres 2024.

Penulis: Chaerul Umam
Editor: Adi Suhendi
zoom-in Cak Imin Sebut Putusan MK Soal Sengketa Pilpres 2024 Tak Mengejutkan, Singgung Pelemahan Demokrasi
Tribunnews.com/Fahdi Falevi
Calon wakil presiden nomor urut 1 Muhaimin Iskandar atau Cak Imin di Jalan Diponegoro 10, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (14/2/2024). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Chaerul Umam

TTIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Cawapres nomor urut 01 Muhaimin Iskandar alias Cak Imin, merespons putusan Mahkamah Konstitusi (MK) yang menolak gugatan sengketa Pilpres 2024.

Dia menyebut putusan itu sebenarnya tidak mengejutkan bagi dirinya.

"Putusan ini sebetulnya tidak mengejutkan," kata Cak Imin dalam keterangan video yang diterima, Senin (22/4/2024).

Selain itu, Cak Imin menilai putusan sengketa pilpres pada hari ini menunjukkan bahwa MK tak cukup kuat menghentikan kelemahan demokrasi di Indonesia.

"Putusan ini sebetulnya tidak mengejutkan, putusan hari ini mengkonfirmasi bahwa kita semua termasuk MK tak kuasa menghentikan laju pelemahan demokrasi di negeri kita tercinta," ujar Cak Imin.

Baca juga: Kalah di MK, Anies Baswedan Pamit ke Pimpinan NasDem, PKB dan PKS: Tugas Sudah Dijalankan

Diberitakan sebelumnya, Mahkamah Konstitusi (MK) menolak sengketa pilpres yang diajukan oleh pemohon I, yakni kubu paslon I Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar.

BERITA TERKAIT

Hal tersebut sebagaimana amar putusan perselisihan hasil pemilihan umum (PHPU) yang dibacakan Ketua MK Suhartoyo (MK), di gedung MK, Jakarta.

"Dalam eksepsi, menolak eksepsi pemohon. Dalam pokok permohonan, Menolak permohonan pemohon untuk seluruhnya," ucap Suhartoyo membacakan amar putusan, di ruang sidang pleno MK, pada Senin (22/4/2024).

Terdapat 3 hakim konstitusi yang dissenting opinion atau berbeda pendapat, di antaranya Saldi Isra, Enny Nurbaningsih, Arief Hidayat.

Baca juga: Prabowo Akan Beri Pernyataan Resmi Soal Putusan MK Saat KPU Tetapkan Presiden Terpilih Rabu Lusa

Dalam pertimbangan hukum, Mahkamah menilai, dalil kubu Anies-Muhaimin soal dugaan adanya campur tangan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam pencalonan pasangan calon nomor urut 2 Prabowo-Gibran, tidak beralasan menurut hukum.

Hal yang sama juga dinyatakan oleh Mahkamah terkait dalil kubu Anies-Muhaimin yang menyatakan KPU selaku pihak termohon diduga tidak netral dalam tahap verifikasi dan penetapan pencalonan Prabowo-Gibran.

"Dalil pemohon yang menyatakan terjadi intervensi presiden dalam perubahan syarat pasangan calon dan dalil pemohon mengenai dugaan ketidaknetralan termohon dalam verifikasi dan penetapan pasangan calon yang menguntungkan pasangan calon nomor urut 2, sehingga dijadikam dasar oleh pemohon agar Mahkamah membatalkan atau mendiskualifikasi pihak terkait sebagai peserta pemilihan umum presiden dan wakil presiden tahun 2024 adalah tidak beralasan menurut hukum," kata hakim konstitusi.

Mahkamah menegaskan, putusan 90 tentang syarat usia capres-cawapres 40 tahun dan berpengalaman sebagai kepala daerah tidak serta merta batal meski adanya putusan Majelis Kehormatan Mahkamah Konstitusi (MKMK) 2/MKMK/L/11/2023.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas