Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Megawati Sebut PPP, Perindo, dan Hanura Akan Ikut Sikap PDIP di Pemerintahan Prabowo-Gibran

Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri menyebut Partai Hanura, Perindo, dan PPP menyatakan akan ikut sikap yang diambil PDIP selepas Pilpres 2024.

Penulis: Danang Triatmojo
Editor: Adi Suhendi
zoom-in Megawati Sebut PPP, Perindo, dan Hanura Akan Ikut Sikap PDIP di Pemerintahan Prabowo-Gibran
Warta Kota/Henry Lopulalan
Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri (kanan) dan putrinya selaku Ketua DPP PDIP sekaligus Ketua DPR RI, Puan Maharani (kiri) 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Danang Triatmojo

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri menyebut Partai Hanura, Perindo, dan PPP menyatakan akan ikut sikap yang diambil PDIP selepas Pilpres 2024.

Sikap PDIP soal pemerintahan Prabowo-Gibran akan diputuskan dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas) V PDIP di Beach City International Stadium, Ancol, Jakarta, Jumat (24/5/2024).

“Beliau bertiga dan setelah Pemilu legislatif dan presiden beliau bertiga mengatakan pada saya, karena saya juga bertanya, bahwa ini Pileg Pilpres sudah dinyatakan selesai. Tetapi tentu saya ingin menanyakan, bapak bertiga bagaimana? Saya masih terus mau ikut sama PDI Perjuangan,” kata Megawati dalam pidato politik pembukaan Rakernas.

Berkenaan dengan komitmen ketiga parpol tersebut, Megawati mengucapkan terima kasih.

Baca juga: Megawati Sindir Isu Kabinet Gemuk Prabowo: Sudah Pada Rebutan

Kata dia, seharusnya sikap tata krama tersebut yang ditunjukkan semua pihak di republik ini.

“Untuk itu saya tentunya sangat berbesar hati dan mengucapkan beribu-ribu terima kasih, karena sebetulnya harusnya begitulah tata krama yang namanya di negara kita ini,” ungkapnya.

BERITA TERKAIT

Lebih lanjut, Megawati pun menjelaskan mengapa kerja sama politik bersama PDIP dan ketiga parpol tidak tertuang dalam sebuah nama koalisi.

Ia menerangkan bahwa dalam sistem ketatanegaraan, Indonesia menganut sistem presidensial, bukan parlementer.

Baca juga: Rakernas V PDIP, Megawati: Saya Sekarang Provokator demi Kebenaran dan Keadilan

Sehingga, tidak tepat jika disebut sebagai koalisi.

“Karena dalam sistem ketatanegaraan kita boleh tanya kepada pak Mahfud, sistem kita adalah presidential system. Jadi bukan parlementer, jadi sebetulnya kita ini tidak ada koalisi, lalu oposisi jadi memang agak susah sebetulnya. Karena, kalau tidak ikut, lalu apa ya? Jadi saya bilang kepada mereka bertiga, kerjasama,” ungkap Megawati.

Sebagai informasi, PPP, Perindo dan Partai Hanura bersama PDIP menjadi partai politik pengusung Ganjar Pranowo-Mahfud MD di Pilpres 2024.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas