Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

PDIP Sebenarnya Ingin Usung Anies di Pilkada DKI Jakarta 2024, tapi Jadi Opsi Kedua

PDIP mengaku ingin mengusung Anies Baswedan menjadi calon gubernur di Pilkada DKI Jakarta 2024. Namun, hal itu menjadi opsi kedua. Ini alasannya.

Penulis: Yohanes Liestyo Poerwoto
Editor: Sri Juliati
zoom-in PDIP Sebenarnya Ingin Usung Anies di Pilkada DKI Jakarta 2024, tapi Jadi Opsi Kedua
Tribunnews/JEPRIMA
Mantan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan memberikan pidato politik saat menghadiri acara Silaturahim PKB DKI Jakarta bersama Anies Baswedan di Kantor Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) DKI Jakarta di Jakarta Timur, Kamis (13/6/2024). Kedatangan Anies langsung disambut Ketua DPW PKB DKI Jakarta, Hasbiallah Ilyas dan jajaran DPW PKB. Keduanya tampak bersalaman dan berbincang hangat sebelum masuk ke markas PKB Jakarta. Sebagai informasi DPW PKB DKI Jakarta resmi mendukung Anies Baswedan maju di Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jakarta 2024. PDIP mengaku ingin mengusung Anies Baswedan menjadi calon gubernur di Pilkada DKI Jakarta 2024. Namun, hal itu menjadi opsi kedua. Ini alasannya. Tribunnews/Jeprima 

TRIBUNNEWSC.OM - PDIP ternyata ingin mengusung Anies Baswedan menjadi calon gubernur (cagub) di Pilkada DKI Jakarta 2024.

Namun, hal itu menjadi opsi kedua bagi partai berlambang banteng tersebut.

Politisi PDIP, Mohamad Guntur Romli mengatakan, alasan Anies menjadi opsi kedua karena partainya masih mengutamakan kader sendiri untuk diusung di Pilkada DKI Jakarta 2024.

Guntur Romli pun mengungkapkan nama-nama untuk diusung menjadi cagub pun telah dipertimbangkan dari mantan Panglima TNI, Jenderal (Purn) Andika Perkasa hingga Menteri Sosial (Mensos), Tri Rismaharini.

"Mengusung Pak Anies (jadi cagub Pilkada DKI Jakarta 2024) itu opsi kedua. Kalau opsi pertama, PDI Perjuangan akan mengusung cagub sendiri."

"Ada nama-nama yang dipertimbangkan seperti Pak Andika, Ibu Risma, dan Pak Pramono Anung," kata Guntur Romli kepada Tribunnews.com, Kamis (13/6/2024).

Guntur Romli mengatakan jika memang PDIP memilih opsi untuk turut mengusung Anies, maka partainya juga telah mempertimbangkan beberapa nama kadernya untuk menjadi wakil mantan Gubernur DKI Jakarta periode 2017-2023 itu.

BERITA TERKAIT

Adapun nama-nama yang sudah diproyeksi yaitu anggota DPR daerah pemilihan (dapil) Jakarta III, Charles Honoris; Ketua DPRD DKI Jakarta, Prasety Edi Marsudi; politisi, Masinton Pasaribu; dan mantan pengacara Bharada Richard Eliezer, Ronny Talapessy.

"Kalaupun opsi kedua diambil, maka kader PDI Perjuangan juga diminta untuk mendampingi. Ada nama-nama seperti Charles Honoris, Bang Prasetya Edi, Bang Masinton Pasaribu, Bang Ronny Talapessy," jelasnya.

Baca juga: Anies Baswedan Pilih Kaesang atau PDIP? Berikut Hitung-hitungannya di Pilkada Jakarta 2024

Kendati demikian, Guntur Romli menegaskan seluruh opsi itu belum diputuskan oleh DPP PDIP.

"Semua sedang dipertimbangkan dan disurvei. Nantinya diputuskan oleh DPP," katanya.

Seperti diketahui, Anies telah resmi diusung oleh DPW PKB DKI Jakarta untuk berkontestasi di Pilkada Jakarta 2024.

Ketua DPW PKB DKI Jakarta, Hasbiallah Ilyas mengungkapkan Anies menjadi calon tunggal yang bakal diusung dalam Pilkada DKI Jakarta 2024.

Dia menuturkan pengusungan Anies berdasarkan aspirasi dari tingkat ranting hingga DPC PKB di DKI Jakarta.

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas