Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

PKB Ajak PSI Gabung Koalisi di Pilkada Jakarta 2024, Sebut soal Survei Anies Masih Tinggi

Rencana PKB menggaet PSI untuk mendukung Anies di Pilkada Jakarta masih tahapan aspirasi.

Penulis: Igman Ibrahim
Editor: Dewi Agustina
zoom-in PKB Ajak PSI Gabung Koalisi di Pilkada Jakarta 2024, Sebut soal Survei Anies Masih Tinggi
Kolase Tribunnews
Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) mulai melakukan manuver setelah memberikan dukungan kepada Gubernur Jakarta Petahana, Anies Baswedan di Pilkada Jakarta 2024. Salah satunya PKB berencana mendekati PSI. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Igman Ibrahim

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) mulai melakukan manuver setelah memberikan dukungan kepada Gubernur Jakarta Petahana, Anies Baswedan di Pilkada Jakarta 2024. Salah satunya PKB berencana mendekati PSI.

Ketua DPP PKB, Syaiful Huda mengatakan rencana PKB menggaet PSI untuk mendukung Anies di Pilkada Jakarta masih tahapan aspirasi.

Baca juga: Sudirman Said Belum Bicara ke Anies Soal Niatnya Maju Pilgub Jakarta: Kita Dewasa, Saling Tahu Saja

Dia menyerahkan sepenuhnya keputusan itu kepada PSI.

"Saya tidak tahu itu aspirasi yang berkembang di lapangan ya, tentu sah-sah saja. Tapi saya kira nanti kita serahkan pada partai koalisi apakah misalnya PSI mau bergabung, atau tidak gitu atau keduluan dengan partai lain gitu, itu pasti merubah konfigurasinya," kata Huda saat ditemui di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (13/6/2024).

Huda pun mengungkit hasil survei Anies Baswedan yang masih tinggi di Jakarta.

Menurutnya, hasil elektabilitas tinggi itu menjadi nilai plus tersendiri untuk Anies menggandeng koalisi partai politik.

BERITA REKOMENDASI

"Setau saya hasil survei mas Anies masih tinggi. Artinya potensi untuk ada dinamis untuk bangun koalisi partai itu sangat mungkin," ungkapnya.

Tak hanya PSI, kata Huda, PKB juga berupaya untuk menggandeng PKS dan PDI Perjuangan (PDIP) untuk mengusung Anies.

Upaya ini sudah terus dilakukan oleh DPW PKB Jakarta.

Baca juga: Ragam Sinyal Dukungan untuk Anies Maju Pilkada Jakarta, Puan Sebut Menarik hingga Kesediaan Kaesang

"Kami di level antar DPP belum ada komunikasi. Tapi dapat laporan informal dari teman-teman di Jakarta terutama Pak Hasbu katanya sih sudah bangun komunikasi dengan PKS dengan PDIP," pungkasnya.

Diberitakan sebelumnya, Ketua Desk Pilkada Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Jakarta, Justin Adrian merespons soal ketertarikan DPW PKB Jakarta dalam menduetkan pasangan Anies Baswedan dan Kaesang Pangarep di Pilkada Jakarta 2024.

Justin menyatakan, rasa terima kasih kepada PKB Jakarta karena memiliki niatan menggandeng Kaesang selaku Ketua Umum Partai.

"Kami berterima kasih kepada PKB yang telah menyandingkan Ketum kami dengan "jagoannya" PKB Jakarta yang dalam hal ini adalah Mas Anies," kata Justin dalam keterangan tertulisnya kepada awak media, Kamis (13/6/2024).

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas