Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Selain di Pilkada Jakarta, PAN Ngotot Majukan Kader di Pilgub Jawa Barat

Sekretaris Jenderal DPP PAN Eddy Soeparno menyatakan, pihaknya telah menyiapkan dua kadernya untuk maju di pertarungan Pilkada Jawa Barat 2024.

Penulis: Rizki Sandi Saputra
Editor: Muhammad Zulfikar
zoom-in Selain di Pilkada Jakarta, PAN Ngotot Majukan Kader di Pilgub Jawa Barat
TRIBUNNEWS/LENDY RAMADHAN
Sekjen Partai Amanat Nasional (PAN) Eddy Soeparno usai diwawancarai secara khusus oleh Direktur Pemberitaan Tribun Network Febby Mahendra Putra di Studio Tribunnews, Jalan Palmerah Selatan, Jakarta Pusat, Kamis (2/11/2023). 

Laporan Reporter Tribunnews.com, Rizki Sandi Saputra 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Sekretaris Jenderal DPP PAN Eddy Soeparno menyatakan, pihaknya telah menyiapkan dua kadernya untuk maju di pertarungan Pilkada Jawa Barat 2024.

Adapun kedua sosok itu kata dia, di antaranya merupakan orang yang pernah menjabat sebagai kepala daerah dalam hal ini Walikota Bogor Bima Arya.

Baca juga: PAN: Kami Minta Ridwan Kamil Maju di Pilkada Jakarta Tetapi Tergantung Golkar 

"Kita sudah putuskan untuk mengusung, mendorong Kang Bima Arya dan Teh Desi Ratnasari untuk ke Cagub maupun Cawagub di Pilkada Jawa Barat," kata Eddy saat ditemui awak media di Kantor DPP PAN, Jakarta, Rabu (3/7/2024).

Eddy mengklaim, kedua nama tersebut sama-sama memiliki potensi memimpin Provinsi Jawa Barat minimal untuk jabatan wakil gubernur.

Nantinya, baik Bima Arya ataupun Desi Ratnasari bisa saja dijadikan pendamping untuk beberapa nama yang digadang maju sebagai cagub, seperti halnya Ridwan Kamil.

Baca juga: PKS Rayu PKB dan NasDem agar Mau Usung Duet Anies-Sohibul di Pilkada Jakarta

"Nah memang akhir-akhir ini kita sering mendengar bahwa Kang Bima kelihatannya mau dipinang oleh Kang Ridwan Kamil, Teh Desi juga dipinang oleh Bacagub yang lain," kata Eddy.

BERITA TERKAIT

"Jadi kita punya kesempatan untuk mendorong kader kita menjadi paling tidak sebagai calon wakil gubernur di Jawa Barat," sambung dia. 

Atas hal itu, PAN kata Eddy akan fokus untuk mendorong kedua kadernya itu di Pilkada Jawa Barat.

Terlebih, Jawa Barat merupakan provinsi potensial kemenangan bagi PAN dengan pemilih atau pemilik suara terbesar di Indonesia.

"Jadi saya kira seluruh partai pasti akan menurunkan kader-kader terbaiknya, dan kita turunkan kader terbaik kita yang bernama Kang Bima Arya Sugiarto dan Desi Ratnasari," ujar Eddy.

Lain hal dengan Bima Arya dan Desi Ratnasari yang didorong di Pilkada Jawa Barat, Eddy juga menyatakan sejauh ini partai pimpinan Zulkifli Hasan (Zulhas) itu masih kekeh untuk mencalonkan Ketua DPP PAN Zita Anjani di Pilkada Jakarta.

Kata dia, putri kandung dari Zulhas tersebut memiliki potensi untuk bisa maju sebagai cawagub Jakarta.

"Dan untuk di DKJ Daerah Khusus Jakarta, kita (PAN) sudah sampaikan kita akan mengusung kader kita bernama zita Anjani menjadi calon wakil gubernur, ya," ujar Eddy.

Baca juga: Soal Peluang Sandiaga Uno Berkontestasi di Pilkada 2024, PPP: Kami Tak Ingin Dia Jadi Korban

Dengan adanya keyakinan tersebut, maka kata Pimpinan Komisi VII DPR RI itu, Koalisi Indonesia Maju (KIM) diharapkan masih bisa solid.

Adapun kesolidan tersebut bisa berbuntut pada kesepakatan mengusung Zita Anjani sebagai cawagub dari KIM di Pilkada Jakarta.

"Mudah-mudahan siapapun nanti calon dari KIM yang akan diajukan bisa berdampingan dengan mba Zita Anjani dalam hal ini," tandas Eddy.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas