Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Pilkada Serentak 2024: Potret Elektabilitas Calon Petahana di Kabupaten Yalimo versi LKPI

Bupati Yalimo Nahor Nekwek yang disebut akan maju lagi dalam pemilihan kepala daerah 2024 kini mempunyai elektabilitas yang cukup tinggi.

Editor: Malvyandie Haryadi
zoom-in Pilkada Serentak 2024: Potret Elektabilitas Calon Petahana di Kabupaten Yalimo versi LKPI
KOMPAS/PRIYOMBODO
Ilustrasi Pilkada. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Bupati Yalimo Nahor Nekwek yang akan maju lagi dalam pemilihan kepala daerah 2024 disebut mempunyai elektabilitas yang cukup tinggi.

Hal tersebut tercermin dalam hasil survei yang dirilis Lembaga Kajian Pemilu Indonesia (LKPI).

Dikutip dari Tribun Papua, survei tersebut diungkapkan Direktur LKPI Togu Lubis mengambil 920 Responden yang merupakan warga Kabupaten Yalimo yang sudah memiliki hak pilih pada pemilu 2024 lalu.

“Penarikan sample di 5 kecamatan yaitu Abenaho, Elelim, Benawa, Apalapsili, dan Welarek mengunakan metode cluster random sampling dan hasil survei ini memiliki margin of error 3,2 persen dan tingkat kepercayaan 95 persen. Survei dilakukan sejak 12-20 Juni 2024,” kata Togu Lubis dalam keterangan tertulis pada Kamis (4/7/2024).

Togu menyebutkan, kinerja Bupati di Provinsi Papua Pegunungan ini dinilai memberikan kepuasan pada masyarakat, hal ini tergambar dari hasil survei dimana 76,2 persen masyarakat Yalimo puas dengan kinerja Bupati Yalimo, Nahor Nekwek.

Sedangkan sebanyak 10,2 persen tidak puas dan sebesar 13,6 persen tidak menjawab.

Menurutnya, alasan masyarakat Yalimo memilih Nahor Nekwek karena kinerjanya selama menjadi Bupati Yalimo.

BERITA TERKAIT

Di antaranya kebijakan pembangunan secara merata di lima distrik di Kabupaten Yalimo dengan akses jalan yang telah terbuka di lima distrik di Yalimo

“Hal yang membuat masyarakat puas adalah kebijakannya yang dianggap responsif, tidak terlambat dalam menindaklanjuti aspirasi masyarakat Yalimo ,” jelasnya,

Dalam simulasi terbuka apabila pilkada digelar hari ini, Nahor Nekwek memperoleh suara 33.9 persen, Yosua Kepno 19,4 persen, Simon Walilo 8.9 persen, Malhai Mabel 8,3 persen.

Selanjutnya, Fery Boom Kombo 6,1 persen, Marthen Yohame 5.3 persen, Erdi Dabi 5,2 persen dan Sergius Bomol 2,8 persen.

Sementara itu, dalam simulasi tertutup apabila pilkada digelar hari ini, Nahor Nekwek 51,2 persen, Yosua Kepno 18.4 persen, Simon Walilo 8,9 persen, Malhai Mabel 7,3 persen.

Selanjutnya, Fery Boom Kombo 4,1 persen, Marthen Yohame 3.3 persen, Erdi Dabi 2,2 persen dan Sergius Bomol 2,8 persen.

"Tingginya tingkat keterpilihan Nahor Nekwek memiliki hubungan yang simetris dengan kepemimpinannya selama ini, misalnya saja di sektor pertanian yang banyak mengalami kemajuan seperti dibukanya perkebunan dan industri nanas di Yalimo," jelasnya.

Halaman
12
Sumber: Tribun Papua
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas