Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Golkar Siapkan Jusuf Hamka Dampingi Kaesang di Jakarta, PDIP Anggap Testing the Water

PDIP nilai rencana Golkar menyiapkan pengusaha Jusuf Hamka untuk mendampingi Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep di Pilkada Jakarta 2024 hanya tes ombak.

Penulis: Fersianus Waku
Editor: Theresia Felisiani
zoom-in Golkar Siapkan Jusuf Hamka Dampingi Kaesang di Jakarta, PDIP Anggap Testing the Water
Tribunnews/JEPRIMA
Pengusaha jalan tol Jusuf Hamka alias Babah Alun meninggalkan gedung Kemenko Polhukam, Selasa (13/6/2023). PDIP nilai rencana Golkar menyiapkan pengusaha Jusuf Hamka untuk mendampingi Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep di Pilkada Jakarta 2024 hanya tes ombak. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Juru bicara PDI Perjuangan (PDIP) Chico Hakim menganggap rencana Partai Golkar menyiapkan pengusaha Jusuf Hamka untuk mendampingi Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep di Pilkada Jakarta 2024 hanya tes ombak.

Chico mengatakan, dinamika Pilkada Jakarta 2024 masih sangat cair belum mengerucut ke nama-nama tertentu.

"Masih dalam tataran melemparkan nama ke publik dan juga testing the water istilahnya, cek ombak untuk melihat respons dari publik, ini wajar-wajar saja dan sah-sah saja," kata Chico kepada Tribunnews.com, Kamis (11/7/2024).




Menurutnya, survei elektabilitas, popularitas hingga akseptabilitas tentu juga akan menjadi pertimbangan dalam menentukan calon yang akan diusung.

"Kita lihat nanti, semua juga akan diputuskan dan tentunya berbasiskan hal-hal yang sifatnya saintifik atau berbasis ilmu pengetahuan seperti survei baik itu akseptabilitas, popularitas maupun elektabilitas," ujar Chico.

Chico menjelaskan, saat ini PDIP masih fokus mengerucutkan satu nama dari internal untuk dicalonkan sebagai gubernur atau wakil gubernur.

"Tergantung penerimaan partai yang akan bekerja sama ke depannya atau yang mengajak kami untuk bekerja sama," ucapnya.

Baca juga: Respons Bos Jalan Tol Jusuf Hamka Diusulkan Golkar Jadi Cawagub Kaesang

BERITA TERKAIT

Demikian juga Golkar, dia meyakini sedang mengerucutkan satu atau dua nama untuk diusung menjadi calon gubernur dan wakil gubernur.

"Nah, tentunya di PDIP akan ada proses-proses yang dilalui termasuk juga pada akhirnya nanti harus disetujui dan menjadi keputusan akhir di tangan ibu Ketua Umum," imbuh Chico.

Rencana memasangkan Jusuf Hamka dengan Kaesang disampaikan langsung Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto.

Airlangga mengatakan, rencana itu akan dilakukan apabila Kaesang bersedia maju di Jakarta.

"Untuk mendukung tadi Mas Kaesang, seandainya beliau memilih Jakarta, saya siapkan kader Golkar yang sudah malang melintang di infrastruktur, yaitu Babah Alun (Jusuf Hamka)," kata Airlangga seusai bertemu Kaesang di DPP Golkar, Jakarta, Kamis (11/7/2024).

Dalam kesempatan itu, Jusuf Hamka turut hadir. Dia mengenakan kemeja berwarna kuning.

Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto dan Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Kaesang Pangarep, beri keterangan pers usai bertemu di kantor di DPP Golkar, Slipi, Jakarta, Kamis (11/6/2024).
Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto dan Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Kaesang Pangarep, beri keterangan pers usai bertemu di kantor di DPP Golkar, Slipi, Jakarta, Kamis (11/6/2024). (Tribunnews.com/Taufik Ismail)
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas