Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

PAN Mulai Pertimbangkan Sudaryono Maju di Pilkada Jawa Tengah 2024, Ini Alasannya

Teka-teki nama yang akan diusung maju di Pilkada Jateng 2024 masih dinamis, PAN mulai godok sejumlah nama seperti Sudaryono.

Penulis: Igman Ibrahim
Editor: Theresia Felisiani
zoom-in PAN Mulai Pertimbangkan Sudaryono Maju di Pilkada Jawa Tengah 2024, Ini Alasannya
ist
Kolase foto Sudaryono, Ketua DPD Gerindra Jawa Tengah saat kampanye Prabowo-Gibran. Sudaryono mendampingi calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto saat masa kampanye Pilpres 2024, belum lama ini. Teka-teki nama yang akan diusung maju di Pilkada Jateng 2024 masih dinamis, PAN mulai godok sejumlah nama seperti Sudaryono. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Teka-teki nama yang akan diusung maju di Pilkada Jawa Tengah 2024 masih bergerak dinamis. Kekinian PAN mulai menggulirkan sejumlah nama yang sedang digodok internal.

Sekjen PAN Eddy Soeparno mengatakan nama yang sedang digodok partai berlambang matahari terbit itu adalah Eks Ajudan Prabowo sekaligus Ketua DPD Gerindra Jawa Tengah, Sudaryono

Ia menyampaikan nama itu dilirik untuk dimajukan sebagai bakal cagub Jawa Tengah oleh DPP PAN.




Menurutnya, nama Sudaryono potensial lantaran pernah memenangkan Prabowo-Gibran di Jateng.

"Mas Sudaryono saya kira punya peluang yang baik. Mas Sudaryono juga punya kinerja yang baik sebagai Ketua TKD Jawa Tengah. Jadi saya kira saat ini semua peluang terbuka," ujar Eddy di Kompleks Parlemen, Jakarta Pusat, Kamis (11/7/2024).

Eddy mengatakan PAN menghormati keinginan Gerindra mendukung figur dari internal partai berlambang kepala burung Garuda tersebut.

Dia pun menghormati jika nantinya Sudaryono yang diminta maju oleh koalisi Indonesia maju.

BERITA TERKAIT

"Semua nama yang berpeluang, yang diajukan oleh teman-teman KIM, itu akan kami pertimbangkan. Saya paham teman-teman Gerindra akan mendorong Pak Sudaryono," jelas Eddy. 

Kolase foto baliho Eks Asisten Pribadi Prabowo, Sudaryono. Sudaryono kini terang terangan menyatakan diri maju di Pilkada 2024. Setelah kantongi restu dari Prabowo, Sudaryono atau Mas Dar langsung tancap gas pasang baliho di sejumlah titik, satu di antaranya baliho Nderek Jokowi, Sareng Prabowo. Di baliho itu, ada wajah Prabowo serta Jokowi.
Kolase foto baliho Eks Asisten Pribadi Prabowo, Sudaryono. Sudaryono kini terang terangan menyatakan diri maju di Pilkada 2024. Setelah kantongi restu dari Prabowo, Sudaryono atau Mas Dar langsung tancap gas pasang baliho di sejumlah titik, satu di antaranya baliho Nderek Jokowi, Sareng Prabowo. Di baliho itu, ada wajah Prabowo serta Jokowi. (Kolase Tribunnews/istimewa/TribunJateng.com)

Ia menjelaskan keputusan final mengenai pencalonan akan diambil setelah melalui proses konsultasi dan rembukan dengan para ketua umum partai koalisi.

Menurutnya, hasil akhir akan ditentukan secara kolektif oleh seluruh anggota KIM.

"Kalau ternyata kemudian teman-teman di koalisi memutuskan si A atau si B, ya kami rembuk. Tentu itu hal yang perlu kami pertimbangkan," pungkasnya.

Diberitakan sebelumnya, Sekjen Partai Gerindra Ahmad Muzani mengungkapkan, partainya sudah memiliki nama kader internal yang bakal diusung di Pilgub Jawa Tengah, pada Pilkada serentak tahun 2024. 

Meski masih dalam tahap finalisasi, namun menurut Muzani semua ketentuan dan penetapan akan diserahkan semunya kepada Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto. 

Khusus untuk Jawa Tengah, Muzani berharap nama Sudaryono selaku Ketua DPD Gerindra Jawa Tengah yang elektabilitasnya semakin tinggi di sejumlah lembaga survei bisa diusung oleh partainya.

Baca juga: Maju Pilkada Jateng, Eks Aspri Prabowo Tancap Gas Pasang Baliho: Nderek Jokowi, Sareng Prabowo

"Pak Sudaryono adalah harapan internal Partai Gerindra untuk bisa didorong menjadi calon Gubernur Jawa Tengah," kata Muzani di Kompleks Parlemen DPR, Senayan, Jakarta, Rabu (22/5/2024).

"Tapi, soal calon gubernur, bupati dan wali kota di Gerindra itu ada di Ketua Umum, Ketua Dewan Pembina Pak Prabowo," lanjut dia.

Nama Sudaryono yang juga merupakan Ketua Umum Asosiasi Pedagang Pasar Seluruh Indonesia (APPSI) selalu dikaitkan dengan calon gubernur Jawa Tengah
 

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas