Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Anies Dianggap Sosok yang Hormat pada Konstitusi, Jubir Relawan: Tak Ada Keinginan Ubah Aturan

Juru bicara relawan Anies Baswedan, Iwan Tarigan menyinggung Gibran Rakabuming soal perubahan publikasi pada Pemilihan Wakil Presiden 2024.

Penulis: tribunsolo
Editor: Garudea Prabawati
zoom-in Anies Dianggap Sosok yang Hormat pada Konstitusi, Jubir Relawan: Tak Ada Keinginan Ubah Aturan
TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Anies Baswedan saat dideklarasikan Partai NasDem sebagai calon presiden, 3 Oktober 2022 lalu. NasDem kini kembali mengusung Anies untuk Pilkada Jakarta 2024. Juru bicara relawan Anies Baswedan, Iwan Tarigan menyinggung Gibran Rakabuming soal perubahan publikasi pada Pemilihan Wakil Presiden 2024. 

TRIBUNNEWS.COM - Juru bicara relawan Anies Baswedan, Iwan Tarigan mengatakan Anies sosok yang taat dan menghargai konstitusi.

Hal tersebut dikatakannya untuk menanggapi soal wacana duet Anies-Ahok yang berpotensi kandas lantaran terbentur aturan.

Berdasarkan Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 9 Tahun 2020 telah mengatur syarat menjadi calon gubernur dan wakil gubernur.

Dalam PKPU itu disebutkan seseorang dapat menjadi calon wakil gubernur apabila belum pernah menjabat sebagai gubernur di daerah yang sama.

Terkait hal itu, Iwan menyatakan tidak ada keinginan untuk merubah aturan dan menyebut Anies merupakan orang yang menghormati konstitusi.

"Saya paham betul, Pak Anies itu sangat menghormati konstitusi yang ada. Jadi, kita tidak punya keinginan untuk mengubah aturan," jelasnya, mengutip tayangan Overview Tribunnews, Jumat (2/8/2024).

Tak hanya itu, ia juga menyatakan akan mengikuti aturan yang ada, khususnya PKPU nomor 9 tahun 2020.

BERITA TERKAIT

"Kalau memang dikatakan tidak bisa, Pak Anies atau Pak Ahok menjadi Wakil Gubernur yang dimajukan. Ya berarti tidak dimajukan," papar Iwan.

Sementara itu, Pendiri Lembaga Survei KedaiKOPI, Hendri Satrio, menyatakan Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok akan sulit untuk maju di Pilkada Jakarta.

"Memang agak sulit Ahok untuk bisa menerobos masuk ke Jakarta kecuali ada pergerakan di MK lagi untuk mengubah," tutur Hendri.

Ia juga menuturkan, Anies bisa maju di Pilkada Jakarta jika diusung oleh Koalisi Indonesia Maju (KIM).

Baca juga: PKB Pertimbangkan Gabung Jadi Bagian KIM Plus di Pilkada Jakarta, Anies Bakal Ditinggalkan?

Hendri pun menambahkan jika nantinya Anies diusung oleh KIM, maka Anies harus siap dengan segala kemungkinan, termasuk disandingkan dengan Kaesang Pangarep.

"Maka saya jauh-jauh hari mengatakan Anies bisa maju bila dia diusung oleh KIM. Nah, nanti siapa wakilnya ya Mas Anies mesti siap," tambahnya.

(mg/Ananta Arabella Andhika Putri)

Penulis merupakan peserta magang dari Universitas Sebelas Maret (UNS).

Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas