Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Dedi Mulyadi Didukung Golkar Maju Pilkada Jawa Barat, Bagaimana Elektabilitasnya?

Mantan Bupati Purwakarta, Dedi Mulyadi, didukung Partai Golkar maju Pilkada Jawa Barat 2024. Bagaimana elektabilitasnya?

Penulis: Muhamad Deni Setiawan
Editor: Suci BangunDS
zoom-in Dedi Mulyadi Didukung Golkar Maju Pilkada Jawa Barat, Bagaimana Elektabilitasnya?
Tribunnews.com/ rizki sandi saputra
Politikus Partai Gerindra Dedi Mulyadi saat menyambangi Bareskrim Polri mendampingi keluarga terpidana Hadi Saputra dalam kasus tewasnya Vina dan Eky Cirebon, Rabu (17/7/2024). Mantan Bupati Purwakarta, Dedi Mulyadi, didukung Partai Golkar maju Pilkada Jawa Barat 2024. Bagaimana elektabilitasnya? 

TRIBUNNEWS.COM - Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto, menyebut pihaknya telah melakukan pertemuan dengan Partai Gerindra mengenai Pilkada Jawa Barat (Jabar) 2024.

"Kan kita sudah perkembangan tadi pertemuan di Jawa Barat antara Partai Golkar, DPD Partai Golkar, dan juga DPD Gerindra," kata Airlangga saat ditemui awak media di Djakarta Theater, Jumat (2/8/2024) malam.

Pertemuan itu turut dihadiri eks Bupati Purwakarta sekaligus kader Partai Gerindra, Dedi Mulyadi.

Menurut Airlangga, dalam pertemuan itu, Dedi didorong menjadi calon gubernur (cagub) Jawa Barat.

Ia menegaskan, pembicaraan dengan Dedi Mulyadi sudah sampai pada tahap memberi keputusan mendukung.

"Kemudian ada juga pertemuan antara calon gubernur Jawa Barat saudara Dedi Mulyadi dengan pengurus Golkar juga antara lain Wakil Ketua Pak Ade Ginanjar, jadi pembicaraan sudah sampai sana (arah dukungan). Ya, kan sudah jelas kalau Jawa Barat begitu," ujar Airlangga.

Kabar ini tentu menjadi angin segar bagi Dedi sebab dengan dukungan itu berarti pesaing terberatnya di Jawa Barat, yaitu Ridwan Kamil (RK) kemungkinan akan didorong untuk berkontestasi pada Pilkada Jakarta.

BERITA TERKAIT

Adapun Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Golkar, Lodewijk F Paulus, menyatakan terbuka kemungkinan mantan Gubernur Jawa Barat tersebut diusung di Jakarta.

Bahkan, menurutnya slogan Ridwan Kamil on the way 'otw' Jakarta yang pernah mencuat beberapa waktu lalu bisa jadi kenyataan.

"Ya, itu yang kita, Pak Deddy di sana berarti otw RK jadi benar. Mungkin baliho dipasang lagi kali, ya," kata Lodewijk saat ditemui awak media di Djakarta Theater, Jumat (2/8/2024) malam.

Lantas seperti apa elektabilitas Dedi Mulyadi di Jawa Barat? Berikut hasil rangkuman sejumlah survei jelang Pilkada Jawa Barat.

Baca juga: Golkar Dukung Dedi Mulyadi di Jabar, Kans Ridwan Kamil di Pilgub Jakarta Kian Dekat? Kata 3 Pengamat

Litbang Kompas

Litbang Kompas melakukan survei periodik di Pilkada Jabar melalui wawancara tatap muka pada tanggal 15-20 Juni 2024.

Sebanyak 500 responden dipilih secara acak melalui metode pencuplikan sistematis bertingkat di Provinsi Jawa Barat.

Penelitian ini mempunyai tingkat kepercayaan 95 persen dan margin of error kurang lebih 4,38 persen dalam kondisi penarikan sampel acak sederhana.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas