Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Nama Dedi Mulyadi Masuk Daftar Cagub Jabar, Demokrat Tinggal Tunggu Keputusan SBY

Nama Dedi Mulyadi akan dikomunikasikan dengan seluruh pengurus Partai Demokrat.

Penulis: Rizki Sandi Saputra
Editor: Dewi Agustina
zoom-in Nama Dedi Mulyadi Masuk Daftar Cagub Jabar, Demokrat Tinggal Tunggu Keputusan SBY
TRIBUNNEWS
DPP Partai Demokrat menegaskan, nama mantan Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi memang sejatinya masuk dalam radar pengurus Demokrat Jawa Barat untuk maju sebagai calon gubernur (cagub) di Pilkada Jawa Barat 2024. 

Laporan Reporter Tribunnews.com, Rizki Sandi Saputra

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - DPP Partai Demokrat menegaskan, nama mantan Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi memang sejatinya masuk dalam radar pengurus Demokrat Jawa Barat untuk maju sebagai calon gubernur (cagub) di Pilkada Jawa Barat 2024.

Pernyataan itu ditegaskan langsung oleh Koordinator Juru Bicara Partai Demokrat Herzaky Mahendra Putra.

Untuk selanjutnya, nama Dedi Mulyadi kata Herzaky, akan dikomunikasikan dengan seluruh pengurus Partai Demokrat.

"Tentu untuk hari ini kami tentu akan terus mendalami dan terus berkomunikasi dengan teman-teman ya bagaimana kang Dedi Mulyadi ini sudah masuk juga ke daftar kami termasuk di antaranya usulan dari daerah," kata Herzaky kepada Tribunnews, Senin (5/8/2024).

Baca juga: Akademisi Unpar Sebut 2 Sosok Ini Ideal Mendampingi Dedi Mulyadi di Pilgub Jabar

Kendati demikian, Demokrat kata dia, memiliki mekanisme yang perlu ditempuh sebelum Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) selaku Ketua Umum Partai memberikan surat rekomendasi kepada bakal calon kepala daerah.

Adapun mekanisme yang dimaksud yakni, melalui penetapan Ketua Majelis Tinggi Partai (MTP) Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

BERITA TERKAIT

Apabila SBY bersama jajaran MTP Demokrat sudah setuju dengan saran dan masukan dari tingkat daerah hingga pusat, maka kata Herzaky, nantinya AHY akan menyerahkan surat rekomendasi kepada yang bersangkutan.

"Dan ini kan nanti keputusan di Majelis Tinggi ya dibahas di pusat kita akan cermati betul, kalau Demokrat kan tentunya setelah kita lengkapi cagub dan cawagubnya baru kita akan publikasi kita akan sampaikan ke publik, kita seperti itu," kata dia.

Herzaky juga berkelakar kalau pihaknya berniat untuk mendorong kader Demokrat untuk menjadi pendamping Dedi Mulyadi sebagai cawagub di Pilkada Jawa Barat.

Kata dia, dalam pertarungan Pilkada ini, yang publik lihat bukan hanya dari sosok cagub semata, melainkan juga dari cawagub.

Demokrat menurut Herzaky, menginginkan agar pasangan yang diusung nantinya termasuk di Jawa Barat memiliki peluang menang yang besar.

Baca juga: Projo Tantang PDIP Tarung Lawan Bobby Nasution di Pilgub Sumut: Jangan Sampai Lawan Kotak Kosong

"Tapi bagaimana pun kami terus memantau ya situasi yang ada karena kami juga butuh melihat wakilnya juga, karena pertarungannya kan juga bukan hanya calon gubernur tapi juga calon wakil gubernur gitu," kata Herzaky.

Adapun sosok yang diniatkan oleh Demokrat untuk maju mendampingi cagub di Pilkada Jawa Barat kata Herzaky yakni, Cellica Nurrachadiana.

Cellica sendiri merupakan sosok yang kuat untuk dijadikan cawagub, karena rekam jejaknya sebagai mantan Bupati Karawang periode 2021-2023 sekaligus kader Partai Demokrat.

"Kami juga ada niatan misalnya Cellica untuk kami dorong sebagai calon wakil gubernur cukup kuat juga sosok beliau, itu mantan Bupati Karawang salah satunya," kata Herzaky.

Tak cukup di situ, Demokrat juga masih melihat peta kemenangan untuk di Jawa Barat.

Hal itu penting agar kolaborasi Demokrat dengan partai lain bisa memenangkan pertarungan.

"Kita cermati ini mapping Jawa Barat siapa untuk mengisi di daerah mana, kan begitu, kolaborasi ini harus dihitung betul secara mendalam supaya kita siap dalam pertarungan di Jawa Barat," tandas dia.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas