Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Golkar Terbuka Jika Cawagub Pendamping Ridwan Kamil di Pilkada Jakarta Dipilih dari Kader PKS

Wakil Ketua Umum Golkar, Ahmad Doli Kurnia menyebutkan keputusan kader PKS menduduki kursi cawagub pendamping Ridwan Kamil harus disetujui oleh parpol

Penulis: Igman Ibrahim
Editor: Wahyu Aji
zoom-in Golkar Terbuka Jika Cawagub Pendamping Ridwan Kamil di Pilkada Jakarta Dipilih dari Kader PKS
TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Kurator Pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) yang juga Mantan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil berpose usai wawancara khusus dengan Tribunnews di Kantor Tribun Network, Jakarta, Selasa (28/5/2024). TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Igman Ibrahim

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Partai Golkar mulai menggodok nama yang akan menjadi cawagub pendamping Ridwan Kamil seusai kadernya itu dimajukkan menjadi cagub Jakarta dari Koalisi Indonesia Maju (KIM). Satu di antaranya kader PKS yang mulai dipertimbangkan menduduki kursi cawagub pendamping Ridwan Kamil.

Namun, Wakil Ketua Umum Golkar, Ahmad Doli Kurnia menyebutkan keputusan kader PKS menduduki kursi cawagub pendamping Ridwan Kamil harus disetujui oleh parpol KIM.

"Kami membuka diri, kan Golkar sudah mengusung calon gubernurnya. Nah kami lebih menyerahkan lah kepada partai-partai politik yang lain, terutama yang ada di koalisi Indonesia Maju, Gerindra, Demokrat, PAN," kata Doli saat ditemui rumah dinas Ketum Golkar, Airlangga Hartarto di Jalan Widya Chandra III, Jakarta Selatan, Rabu (7/8/2024).

Ketua Komisi II DPR RI itu menuturkan bahwa sosok cawagub yang menjadi pendamping Ridwan Kamil juga harus disepakati oleh parpol yang baru bergabung dengan KIM.

"Nanti kalau misalnya ada yang bergabung, kami menerima saja siapa yang menjadi kesepakatan dari pimpinan partai politik yang nanti mengusung Ridwan Kamil untuk menjadi wakilnya. Kami terbuka siapa saja, dari partai mana saja," pungkasnya.

Diberitakan sebelumnya, Ketua Harian DPP Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad mengatakan, Koalisi Indonesia Maju (KIM) Plus sudah menyepakati nama Ridwan Kamil untuk diusung sebagai calon gubernur (cagub) Jakarta 2024.

BERITA TERKAIT

"Ya, insya Allah di KIM Plus sudah muncul satu nama, yaitu Ridwan Kamil untuk Pilkada DKI Jakarta," kata Dasco di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (5/8/2024).

Dasco menyebut, untuk pendamping Ridwan Kamil akan diumumkan dalam satu atau dua hari ke depan.

"Untuk wakilnya nanti mungkin sehari dua hari kita akan sampaikan ke media," ujar Wakil Ketua DPR RI ini.

Hanya saja, dia tak mengungkapkan calon wakil gubernur (cawagub) pendamping Ridwan Kamil dari partai mana.

Selain itu, Dasco juga enggan menyebutkan partai mana saja yang akan bergabung dengan KIM di Pilgub Jakarta.

"Sama, nanti sehari dua hari baru kita sampaikan plusnya siapa saja," ucapnya.

Menurutnya, pihaknya sedang melakukan sinkronisasi dengan partai yang tergabung di KIM dan plusnya.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas