Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Talkshow Overview Tribunnews 22 Agustus 2024: Putusan MK Dilawan, Rakyat Turun ke Jalan

Program talkshow Overview Tribunnews edisi Kamis, 22 Agustus 2024 akan membahas tema "Putusan MK Dilawan, Rakyat Turun ke Jalan".

Penulis: Milani Resti Dilanggi
Editor: Garudea Prabawati
zoom-in Talkshow Overview Tribunnews 22 Agustus 2024: Putusan MK Dilawan, Rakyat Turun ke Jalan
Tribunnews.com
Program talkshow Overview Tribunnews edisi Kamis, 22 Agustus 2024 akan membahas tema "Putusan MK Dilawan, Rakyat Turun ke Jalan". 

TRIBUNNEWS.COM -Program talkshow Overview Tribunnews edisi Kamis, 22 Agustus 2024 akan membahas tema "Putusan MK Dilawan, Rakyat Turun ke Jalan".

Situasi demokrasi di tanah air saat ini tengah memanas setelah DPR RI dinilai berusaha menganulir putusan Mahkamah Konstitusi (MK) tentang ambang batas pencalonan kepala daerah dan usia minimal calon kepala daerah.

Overview Tribunnews kali ini menghadirkan narasumber:

- Koordinator Isu Reformasi Hukum dan HAM BEM SI: Fawwaz Ihza Mahendra

- Pengamat politik: Emrus Sihombing

Link YouTube:

Pada hari ini sedianya DPR akan menggelar rapat paripurna pengesahan revisi UU Pilkada, tetapi batal karena kuorum tidak terpenuhi.

BERITA TERKAIT

Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad mengatakan DPR membuka peluang mengikuti putusan MK jika DPR gagal menggelar rapat untuk mengesahkan revisi UU Pilkada hingga batas akhir pendaftaran calon kepala daerah.

Sementara itu, masyarakat di berbagai tempat mulai turun ke jalan untuk berunjuk rasa mengawal putusan MK.

Bahkan, aksi unjuk rasa juga dilangsungkan di depan Gedung DPR RI. Aksi itu turut dihadiri tokoh masyarakat, mulai dari artis hingga komedian.

Putusan MK itu disambut baik oleh PDIP karena membuka jalan bagi partainya untuk mengikuti kontestasi Pilkada Jakarta 2024.

Sebelumnya, PDIP terancam tidak bisa mengusung calon Gubernur Jakarta karena hanya memiliki 15 kursi di DPRD Jakarta atau tidak memenuhi ambang batas.

Di sisi lain, Koalisi Indonesia Maju (KIM) Plus yang gemuk sudah mengusung Ridwan Kamil dan Suswono untuk maju dalam Pilkada Jakarta.

Adapun Ketua Umum PSI sekaligus putra bungsu Presiden Jokowi, Kaesang Pangarep, bisa dibilang menjadi pihak yang dirugikan oleh putusan MK itu.

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas