Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Airin Diusung PDIP di Pilkada Banten usai Ditinggal Golkar, Dapat Rekomendasi Langsung dari Megawati

PDIP akan mengusung Airin Rachmi Diany sebagai calon gubernur (cagub) Banten di Pilkada Banten 2024 bersama Ketua DPD PDIP Banten, Ade Sumardi.

Penulis: Faryyanida Putwiliani
Editor: Suci BangunDS
zoom-in Airin Diusung PDIP di Pilkada Banten usai Ditinggal Golkar, Dapat Rekomendasi Langsung dari Megawati
Tribunnews.com/Fersianus Waku
Pasangan bakal calon gubernur dan calon wakil gubernur Banten, Airin Rachmi Diany - Ade Sumardi tiba di Kantor DPP PDIP, Jalan Diponegoro, Menteng, Jakarta, Senin (26/8/2024). (Fersianus Waku) | PDIP akan mengusung Airin Rachmi Diany sebagai calon gubernur (cagub) Banten di Pilkada Banten 2024 bersama Ketua DPD PDIP Banten, Ade Sumardi. 

TRIBUNNEWS.COM - Airin Rachmi Diany resmi diusung oleh PDI-Perjuangan (PDIP) sebagai calon gubernur (cagub) Banten di Pilkada Banten 2024.

Pengumuman calon kepala daerah dan wakil kepala daerah PDIP gelombang tiga ini, disampaikan oleh Sekjen PDIP, Hasto Kristiyanto, Senin (26/8/2024).

"Dari Provinsi Banten, Ibu Airin Rachmi Diany, didampingi Ade Sumardi," kata Hasto, di Kantor DPP PDIP, Jakarta.




Diketahui, pengusungan Airin oleh PDIP ini cukup menjadi sorotan, pasalnya Airin adalah kader Golkar dan memiliki jabatan sebagai Ketua Umum Kesatuan Perempuan Partai Golkar (KPPG).

Tak hanya itu, jalan Airin untuk maju di Pilkada Banten bersama Golkar harus pupus imbas gonjang-ganjing mundurnya Airlangga Hartarto sebagai Ketum Golkar, hingga akhirnya Bahlil Lahadalia telah terpilih menjadi penggantinya.

Usai Bahlil menjadi Ketum, posisi Bakal Calon Gubernur Banten yang seharusnya diduduki Airin kini digantikan oleh Andra Soni.

Mengingat, Golkar telah menarik dukungan untuk Airin dan memilih mengusung paslon Andra Soni-Dimyati Natakusumah.

BERITA TERKAIT

Andra-Dimyati sendiri merupakan pasangan yang diusung Koalsi Indoesia Maju (KIM) PLus, Gerindra, PKS, Demokrat, PAN, NasDem, PSI, PKB dan PPP.

Kini usai Golkar meninggalkan Airin, PDIP pun hadir memberikan dukungan untuk Wali Kota Tangerang Selatan periode 2011-2021 itu maju di Pilkada Banten.

Nantinya, Airin dipasangkan dengan Ketua DPD PDIP Banten, Ade Sumardi sebagai cagub dan cawagub Banten.

Baca juga: PDIP Resmi Usung Andika Perkasa-Hendi di Pilkada Jateng

Menurut Ade Sumardi, PDIP mendeklarasikan dirinya bersanding dengan Airin.

Selanjutnya, Airin akan segera mendapat rekomendasi pengusungan dari Ketum PDIP, Megawati Soekarnoputri.

"Kami telah mendeklarasikan antara calon gubernur dan calon wakil gubernur Provinsi Banten dari PDI Perjuangan. termasuk delapan kabupaten/kota."

"Dan alhamdulillah tinggal menunggu B1-KWK dari Ibu ketua Umum yang akan diserahkan langsung ke beliau," kata Ade, dilansir Tribun Jakarta, Senin (26/8/2024).

Cerita Airin Jalankan Tugas Golkar untuk Sosialisasi hingga Dapat Elektabilitas 70 Persen

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas