Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Ridwan Kamil Minta Maaf soal Cuitan Lama di X, Akui Dulu Jadi Netizen Julid Sering Nyinyir

Ridwan Kamil sampaikan maaf soal cuitan lamanya di X hingga mengaku dulu seorang netizen julid yang suka nyinyir, Minggu (25/8/2024).

Penulis: tribunsolo
Editor: Suci BangunDS
zoom-in Ridwan Kamil Minta Maaf soal Cuitan Lama di X, Akui Dulu Jadi Netizen Julid Sering Nyinyir
Kolase Tribunnews.com (Tangkap layar akun X)
Mantan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil menyampaikan maaf soal cuitan lamanya di Twitter (X). 

TRIBUNNEWS.COM – Mantan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil (RK), menyampaikan permintaan maaf soal cuitan lamanya di X (dulu Twitter).

Dalam cuitan, ia mengaku dulunya merupakan netizen julid yang suka nyinyir.

Lantas, kini permintaan maaf disampaikan Ridwan Kamil dalam akun milik pribadinya di X, @ridwankamil, Minggu (25/8/2024).

"Dulu 12-15 tahun yang lalu sebelum jadi pejabat publik, saya memang aktif bermain Twitter (sekarang X). Sebagaimana nature-nya platform tersebut, saya berekspresi secara bebas. Kadang penuh kritik pedas, kadang nyindir, sering juga nyinyir. Sering saya katakan di mana-mana, dulu saya adalah netizen yang marah—bahkan julid," tulis @ridwankamil, dikutip Tribunnews.com, Senin (26/8/2024).

Bahkan, ia menyinggung soal takdir yang menjadikannya seorang pejabat publik, dari walikota sampai gubernur.

Ia pun menyadari ketika terdapat netizen yang menyampaikan kritikan terhadap dirinya.

"Tapi kemudian takdir membawa saya ke proses hidup yang lebih kompleks. Pada gilirannya Allah menakdirkan saya menjadi pejabat publik, dari walikota sampai gubernur."

BERITA TERKAIT

"Saya giliran balik dikritik, disindir, dinyinyiri di media sosial. Saya sering melihat diri saya yang dulu, netizen yang marah tadi. Bikin saya tersenyum dan sadar," tulis RK lagi.

Selain itu, RK menyebutkan, setiap orang akan melewati fase-fase seperti dirinya.

Baca juga: Ridwan Kamil Ajak Kontestan Pilkada Jakarta Adu Gagasan Bukan Adu Caci Maki, Tantang Anies?

“Konon setiap orang akan melewati fase-fase jadi tukang protes, anak muda yang rebel penuh kritik dan sinisme. Tapi semua orang juga berproses, harus menjadi lebih bijaksana dan tahu diri,” Tweet RK.

"Ibarat anak-anak yang selalu protes pada orangtuanya, remaja yang rebel, pemuda yang kritis dan sinis, pada saatnya akan jadi orangtua yang melihat dari sudut pandang yang berbeda. Yang akan bilang pada dirinya sendiri, 'Oh gitu ya saya dulu', dan 'Ternyata begini rasanya di posisi ini'," imbuhnya.

Pada tulisan paragraf kelima dari delapan paragraf tersebut, RK mengaku kurang bijak, kurang literasi, dan kurang sopan.

“Bagaimanapun, untuk twit-twit saya yang lama, saya akui dulu saya kurang bijak dan mungkin kurang literasi—bahkan kurang sopan. Saya mohon maaf jika ada pihak-pihak yang tersakiti, terkritik, tersindir, atau terhina dengan cara saya berekspresi. Semoga saya bisa lebih baik lagi ke depan. 2017-2018 saya pernah meminta maaf tentang hal-hal ini. Saya banyak belajar,” tulisnya.

Pada paragraf terakhir, RK pun meminta maaf atas sikapnya dahulu dan mengajak masyarakat untuk melupakan hal tersebut.

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas