Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Bawa Jargon Kampanye RIDO, Ridwan Kamil Cerita Perjalanan Politiknya hingga Tekad Menangkan Jakarta

Sebelas tahun lalu, ketika memutuskan terjun ke dunia politik, RIDO menjadi identitas kampanye Ridwan Kamil-Oded Muhammad Danial.

Penulis: Fransiskus Adhiyuda Prasetia
Editor: Dewi Agustina
zoom-in Bawa Jargon Kampanye RIDO, Ridwan Kamil Cerita Perjalanan Politiknya hingga Tekad Menangkan Jakarta
Tribunnews/JEPRIMA
Pasangan bakal calon Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta Ridwan Kamil dan Suswono didampingi elite partai pengusung yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Maju (KIM) plus mendaftarkan diri di kantor KPU DKI, Salemba Raya, Jakarta Pusat, Rabu (28/8/2024). Tribunnews/Jeprima 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Fransiskus Adhiyuda

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pasangan Ridwan Kamil - Suswono resmi mendaftar sebagai calon gubernur dan calon wakil gubernur Jakarta pada Pilkada serentak 2024.

Mereka memilih RIDO sebagai identitas dalam kontestasi pilkada Jakarta. Bagi Ridwan Kamil (RK) singkatan tersebut sudah tidak asing.

Sebelas tahun lalu, ketika memutuskan terjun ke dunia politik, RIDO menjadi identitas kampanye Ridwan Kamil-Oded Muhammad Danial.

Diusung oleh PKS dan Gerindra, RIDO berhasil memenangkan pilwalkot Bandung dengan persentase suara mencapai 45,24 persen.

Baca juga: Daftar Cagub Jakarta, Ridwan Kamil Berjanji Segera Silaturahmi ke Jak Mania

Dalam Pilkada Jakarta, Ridwan Kamil kembali memilih RIDO sebagai identitas kampanye pasangan yang diusung oleh Koalisi Indonesia Maju (KIM) Plus ini.

"Nama pasangan kami adalah RIDO, singkatan dari Ridwan-Suswono," kata RK usai mendaftar di Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Jakarta, Rabu (28/8/2024).

BERITA TERKAIT

Serupa dengan Pilwalkot Bandung pada 2013 silam, dalam pilkada Jakarta, RK juga diusung oleh PKS dan Gerindra.

Selain itu, belasan partai parlemen dan partai non parlemen turut mengusung pasangan RIDO.

Maka tidak heran bila RK dan Suswono mantap memilih RIDO sebagai identitas yang akan mereka gunakan selama bertarung dalam Pilkada Jakarta.

"Sudah disepakati RIDO itu nama formal, nanti mungkin alat peraga dan sosialisasi akan menggunakan itu," ungkap RK.

Ridwan Kamil juga menyampaikan, tak hanya bernuansa nostalgia, RIDO mengandung arti mendalam bagi pasangan calon gubernur dan calon wakil gubernur Jakarta tersebut.

RIDO tidak sebatas singkatan Ridwan-Suswono, RIDO melambangkan doa, harapan, dan ketulusan hati untuk mengharap rida Allah SWT dan Tuhan Yang Maha Esa.

Baca juga: Daftar Cagub Jakarta, Ridwan Kamil Hendak Rangkul The Jakmania

"Filosofinya tentu kami berharap rida, Allah SWT memberikan rida-Nya dalam niat baik kami, dalam berkontestasi dengan cara yang baik," tuturnya.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas