Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Pertanian Harus Menjadi Pilar Utama Pertumbuhan Ekonomi Sulawesi Tengah

Anwar Hafid melihat sektor pertanian harus bisa menjadi pilar utama pertumbuhan ekonomi Sulawesi Tengah. 

Penulis: Reza Deni
Editor: Erik S
zoom-in Pertanian Harus Menjadi Pilar Utama Pertumbuhan Ekonomi Sulawesi Tengah
Istimewa
Bakal Cagub Sulteng, Anwar Hafid, saat berkampanye untuk Pilgun Sulawesi Tengah/Istimewa 

Laporan Reporter Tribunnews.com, Reza Deni

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA- Bakal Calon Gubernur Sulawesi Tengah, Anwar Hafid, menegaskan komitmennya memajukan kesejahteraan petani yang saat ini kian hari makin sulit mendapatkan pupuk. 

Meski dari sektor investasi pertambangan dan industri membuat ekonomi Kota Lima Dimensi tumbuh beberapa tahun ini, Anwar melihat sektor pertanian harus bisa menjadi pilar utama pertumbuhan ekonomi Sulawesi Tengah. 

Baca juga: PKB Resmi Usung Ahmad Ali-Abdul Karim di Pilkada Sulteng




Anwar menyadari pentingnya peran petani sebagai tulang punggung perekonomian daerah. Pasalnya, Sulteng akan menjadi daerah penyangga Ibu Kota Negara (IKN) melalui suplai logistik pangan dan lainnya.

Untuk memajukan para petani Sulawesi Tengah, Anwar Hafid siap meluncurkan program pupuk subsidi. Sebab, ketika bercengkrama dengan petani di lapangan, para pahlawan pangan itu masih kesulitan mendapatkan pupuk, belum lagi harganya melambung tinggi.

“Sulteng kaya akan potensi alam, dan petani adalah pahlawan kita dalam menjaga ketahanan pangan serta membangun ekonomi berbasis pertanian. Saya bertekad untuk memperkuat infrastruktur pertanian, memberikan akses yang lebih mudah terhadap modal dan teknologi, serta memastikan harga komoditas yang adil bagi para petani,” ujar Anwar dalam keterangannya, Sabtu (7/9/2024).

Sebagai bentuk dukungan konkret kepada petani, Anwar merencanakan beberapa program prioritas yaitu melaksanakan program Petani Milenial yang diadopsi dari Pemda Jawa Barat untuk memberdayakan petani lokal dan usia produktif. 

BERITA TERKAIT

"Praktis ini bisa meningkatkan kapasitas petani melalui pelatihan-pelatihan dan pemberian bantuan alat produksi pertanian," katanya.

Selain itu, Anwar bakal melibatkan petani dalam proses perencanaan hingga pemasaran hasil pertanian. 

Nantinya, dikatakan Anwar, produk mereka akan dipasarkan melalui metode startup menggunakan teknolgi digital yang akan dikendalikan oleh anak-anak muda usia produktif.

Baca juga: Demokrat Usung Anwar Hafid-Renny untuk Pilkada Sulteng, AHY Puji Karier Jagoannya

“Pertanian adalah masa depan Sulawesi Tengah. Jika kita ingin maju, kita harus memulai dari mereka yang setiap hari bekerja keras di sawah dan ladang. Saya akan memastikan setiap petani di Sulawesi Tengah mendapatkan dukungan penuh dari pemerintah,” tambah Anwar.

Dengan dukungan kuat dari masyarakat, Anwar yang didukung oleh Partai Demokrat, Partai Bulan Bintang (PBB) dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) optimistis visi ini akan tercapai.

"Sulteng akan menjadi provinsi yang mandiri dalam hal pangan serta mampu mengekspor hasil bumi berkualitas ke luar daerah," pungkasnya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of

asia sustainability impact consortium

Follow our mission at sustainabilityimpactconsortium.asia

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Terkait

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas