Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

KPU Bakal Proses Pergantian Bakal Calon Wakil Gubernur Aceh yang Meninggal Dunia

Ketua KPU RI Mochammad Afifuddin mengatakan pergantian calon itu bakal mereka proses usai tindak lanjut lebih dulu yang dilakukan KIP Aceh.

Penulis: Mario Christian Sumampow
Editor: Malvyandie Haryadi
zoom-in KPU Bakal Proses Pergantian Bakal Calon Wakil Gubernur Aceh yang Meninggal Dunia
Tangkap layar YouTube Komisi II DPR RI Channel
Ketua KPU, Mochammad Afifuddin. KPU RI memastikan bakal ada mekanisme pergantian terhadap bakal calon Wakil Gubernur Aceh Tgk Muhammad Yusuf A Wahab atau Tu Sop yang meninggal dunia. 

Laporan Wartawan Tribunnews, Mario Christian Sumampow

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI memastikan bakal ada mekanisme pergantian terhadap bakal calon Wakil Gubernur Aceh Tgk Muhammad Yusuf A Wahab atau Tu Sop yang meninggal dunia.

Ketua KPU RI Mochammad Afifuddin mengatakan pergantian calon itu bakal mereka proses usai tindak lanjut lebih dulu yang dilakukan oleh Komite Independen Pemilihan (KIP) Aceh.




”Berkaitan dengan calon yang meninggal ada aturan penggantian terkait dengan calon yang meninggal," kata pria yang akrab disapa Afif itu di Kantor KPU, Jakarta, Senin (9/9/2024).

"Dalam konteks Aceh, itu juga ada Qanun, kalau nggak salah, sekitar 7 hari. Nanti kita cek setelah pemberitahuan resmi ke kami, kami akan proses, dan ini juga sudah dilakukan (proses pergantian)," sambungnya.

Sebagai informasi, Tu Sop merupakan Ketua Himpunan Ulama Dayah Aceh (HUDA) dan pimpinan pesantren Dayah Babussalam Al-Aziziyah di Kabupaten Bireuen, Provinsi Aceh.

Dalam Pilgub Aceh, Tu Sop berpasangan dengan mantan Pj Gubernur Aceh Bustami Hamzah.

BERITA TERKAIT

Tu Sop menghembuskan nafas terakhir pada Sabtu (7/9/2024) sekitar pukul 09.00 WIB di Rumah Sakit Brawijaya, Tebet, Jakarta.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas