Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Tingkatkan Konektivitas Antarwilayah, Airin-Ade Bakal Integrasikan MRT Hingga Tangerang Raya

Airin mengatakan pengembangan ekonomi masyarakat cenderung terhambat karena kondisi infrastruktur jalan dan moda transportasi yang belum memadai.

Penulis: Fahdi Fahlevi
Editor: Dewi Agustina
zoom-in Tingkatkan Konektivitas Antarwilayah, Airin-Ade Bakal Integrasikan MRT Hingga Tangerang Raya
Istimewa
Pasangan bakal calon gubernur-wakil gubernur Banten Airin Rachmi Diany-Ade Sumardi berencana meningkatkan konektivitas antarwilayah di Banten. Hal itu disampaikan Airin saat silaturahmi dengan masyarakat Kabupaten Tangerang, Selasa (10/9/2024). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Fahdi Fahlevi

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pasangan bakal calon gubernur-wakil gubernur Banten Airin Rachmi Diany-Ade Sumardi berencana meningkatkan konektivitas antarwilayah di Banten.

Ini dilakukan untuk meningkatkan produktivitas sektor ekonomi dan kualitas kehidupan masyarakat.




Salah satunya, melakukan modernisasi moda transportasi di berbagai daerah.

“Konektivitas Banten Terpadu akan memperkecil kesenjangan wilayah perkotaan dan pedesaan, akselerasi pertumbuhan ekonomi yang merata. Perlu konektivitas multimoda antar daerah," ujar Airin saat silaturahmi dengan masyarakat Kabupaten Tangerang, Selasa (10/9/2024).

Baca juga: Golkar Usung Airin Rachmi-Ade Sumardi di Pilkada Banten, AHY Akui Banyak Perubahan di KIM

Airin mengatakan pengembangan ekonomi masyarakat saat ini cenderung terhambat, salah satunya karena kondisi infrastruktur jalan dan moda transportasi yang belum memadai.

Pembangunan infrastruktur jalan, menurut Airin, akan memudahkan masyarakat dalam mengakses layanan publik di Banten, seperti akses pelayanan kesehatan, pendidikan dll.

BERITA TERKAIT

Program prioritas yang menjadi agenda ke depan, pasangan Airin-Ade, adalah ‘Memperkuat Konektivitas Simpul Antar Wilayah dan Pemerataan Pembangunan yang Sinergis (Sinkron, Berkelanjutan, dan Strategis).’

Menurut Airin, perlu konektivitas terpadu dan peningkatan integrasi Banten bagian utara dan selatan.

"Banten bagian selatan, Kabupaten Lebak dan Pandeglang punya persoalan infrastruktur, maka kita perbaiki jalan poros desanya. Sementara daerah utara, Tangerang Raya dan sekitarnya kita harus buat konektivitas dengan moda transportasi yang terintegrasi," ujarnya.

Airin akan mendorong MRT (Mass Rapid Transit) atau Moda Raya Terpadu koridor Selatan-Utara dari Lebak Bulus Jakarta hingga Rawa Buntu, Tangerang Selatan.

Termasuk terintegrasi ke daerah lain di wilayah Tangerang Raya.

Baca juga: Respons Rano Karno dan Suswono soal Gerakan Coblos 3 Paslon di Pilkada Jakarta

"Tidak hanya ke Tangsel, saya pernah membahas bersama Pak Budi Karya, Menteri Perhubungan, bagaimana bersama menciptakan Jabodetabek Integrated System," ujarnya.

Mantan Wali Kota Tangsel dua periode ini mendorong percepatan koridor jalan pesisir barat (Saketi-Malingping) dan Banten tengah (Jasinga-Maja-Rangkasbitung).

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas