Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Ditanya Pramono terkait Perlindungan Data, Dharma Singgung soal Internet Mandiri

Dharma Pongrekun menjawab pertanyaan dari Pramono Anung saat debat perdana Pilgub Jakarta 2024 di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat.

Penulis: Rifqah
Editor: Nuryanti
zoom-in Ditanya Pramono terkait Perlindungan Data, Dharma Singgung soal Internet Mandiri
Tangkap layar YouTube KPU
Suasana Debat Perdana Pilgub DKI Jakarta 2024 segmen 5. Momen saat Dharma-Kun bertanya pada Pramono-Rano Karno. (Tangkap layar YouTube KPU) - Dharma Pongrekun menjawab pertanyaan dari Pramono Anung saat debat perdana Pilgub Jakarta 2024 di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat. 

TRIBUNNEWS.COM - Calon gubernur (cagub) nomor urut 3, Pramono Anung bertanya kepada cagub nomor urut 2, Dharma Pongrekun dalam debat Pilgub Jakarta 2024.

Dalam debat tersebut, Pramono bertanya ke Dharma mengenai caranya melindungi data-data privasi yang sekarang ini banyak terjadi kebocoran atau dicuri, sebagai orang yang pernah bekerja di Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN).

Dharma mengatakan, untuk mengatasi hal tersebut, maka diperlukan adanya internet mandiri.

Dia pun berharap, agar ke depannya Pramono bisa menjadi presiden agar bisa mewujudkan internet mandiri itu, supaya tidak terjadi kebocoran data berkepanjangan.

"Bagaimana resepnya saya cyber security di Indonesia bisa dijamin keamanannya, mudah-mudahan Mas Pram jadi presiden, saya mohon jadikan Indonesia mandiri internet."

"Selama internetnya tidak mandiri, maka selama itu bocor semua, seribu kali kita mengganti password, apapun yang kita lakukan bocor, jadi tidak ada satu pun di ruang cyber ini yang aman," ungkapnya  di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat, dikutip dari YouTube KPU Provinsi DKI Jakarta,  Minggu (6/10/2024).

"Oleh karena itu kalau kita tidak sungguh-sungguh membuat internet mandiri, maka semuanya adalah bocor," imbuhnya.

BERITA REKOMENDASI

Di akhir, Dharma mengungkapkan bahwa ia mendukung Pramono menjadi presiden selanjutnya dan ia bersedia menjadi staf ahli khusus bidang cyber security.

"Mari Mas Pram, saya dukung Mas Pram jadi presiden dan saya akan menjadi staf ahli khusus bidang cyber security," tuturnya.

Kapan debat selanjutnya dilaksanakan?

Diketahui, debat cagub-cawagub Pilkada Jakarta ini akan berlangsung tiga kali.

Baca juga: RK Tanya soal Pandemi Covid-19, Dharma: Agenda Terselubung Asing Ambil Alih Kedaulatan Negara

Debat kedua nanti rencananya akan digelar pada Minggu (27/10/2024), kemudian dilanjutkan dengan debat ketiga pada Minggu, 17 November 2024.

Debat tersebut diikuti oleh tiga paslon cagub dan cawagub, mereka adalah Ridwan Kamil-Suswono nomor urut 1, Dharma Pongrekun-Kun Wardana nomor urut 2, dan Pramono Anung-Rano Karno nomor urut 3.

Sebagai informasi, seperti halnya debat Pilpres 2024 lalu, debat Pilgub ini ada enam segmen dalam total durasi debat 150 menit.

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas