Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Pemuda Pulau Putri Batam Manfaatkan Pandemi untuk Merawat Lingkungan

Salah satu aksi yang dilakukan oleh para pemuda setempat adalah membersihkan area tempat wisata Pulau Putri.

Pemuda Pulau Putri Batam Manfaatkan Pandemi untuk Merawat Lingkungan
TRIBUNBATAM.ID/ALAMUDIN
Kegiatan bersih-bersih di Pulau Putri, Nongsa, Batam, yang dilakukan pemuda setempat pada Rabu (19/8/2020) TRIBUNBATAM.ID/ALAMUDIN 

TRIBUNNEWS.COM – Dampak negatif pandemi Covid-19 pada sektor pariwisata sangat luar biasa. Pasalnya, bencana non alam tersebut sukses membuat kunjungan wisatawan di objek wisata mengalami penurunan drastis.

Sebagai contoh objek wisata Pulau Putri yang terletak di Kelurahan Sambau, Kecematan Nongsa, Kota Batam. Menurut warga setempat, selama pandemi Covid-19 objek wisata tersebut mengalami penurunan jumlah wisatawan, khususnya untuk mancanegara.

“Di tengah pandemi Covid-19, jumlah kunjungan wisatawan ke Pulau Putri menjadi berkurang. Rata-rata masih wisatawan lokal,” kata Ketua Karang Taruna Keluarahan Sambau, Raja Agus Maulana, Kamis (20/8/20202).

Yang menarik, pemuda setempat menjadikan permasalahan tersebut sebagai sebuah momentum untuk melakukan perawatan kepada objek wisata alam di Pulau Putri. Salah satu aksi yang dilakukan oleh para pemuda setempat adalah membersihkan area tempat wisata Pulau Putri.              

“Kegiatan bersih-bersih di depan Kampung Ngongsa Pantai itu atas dasar inisiasi pemuda setempat. Kesempatan (saat sepi pengunjung) ini kami gunakan untuk membersihkan Pulau Putri,” ujar Raja.

Raja menjelaskan kegiatan ini sebagai bentuk kepedulian pemuda terhadap tempat yang selama ini dijadikan destinasi wisata.

"Pembersihan di Pulau Putri ini untuk membuat rasa nyaman kepada wisatawan yang datang ke tempat ini," tambahnya Raja.

Kadisbudpar Minta Masyarakat Sama-Sama Jaga Pulau Putri, Buang Sampah Jangan Sembarangan

Pulau terdepan Batam, Pulau Puteri di Kecamatan Nongsa diisi pemandangan sampah di sepanjang bibir pantai, beredar di media sosial.

Tak hanya sampah berupa kayu, kebanyakan dari sampah itu berbahan plastik seperti botol bekas minuman, styrofoam dan lainnya, yang sifatnya tak mudah terurai. Banyak warganet yang menyayangkan hal ini terjadi, apalagi Pulau Putri termasuk pulau yang kerap dikunjungi wisatawan, baik dari lokal maupun mancanegara. Malah di sana sudah dipasang ikon bertuliskan Wonderful Indonesia. Ajakan untuk membersihkan lokasi wisata itu dari bekas-bekas sampah juga muncul di kolom komentar.

Pulau Putri, pulau terluar Indonesia di Kepri (DOK KEMENTERIAN PUP
Pulau Putri, pulau terluar Indonesia di Kepri (DOK KEMENTERIAN PUPR)
Halaman
12
Ikuti kami di
Editor: Content Writer
Sumber: Tribun Batam
  Loading comments...
load->view('side/tjb_classified_ads'); ?>
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas