Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Sandi Uno Sebut Area Snorkling Iboih di Pulau Rubiah Sabang Aceh Spot Premium

Spot penyelamana Pulai Rubiah di area Desa Wisata Iboih Pulau Sabang Aceh dinilai area premium untuk wisata.

Editor: Setya Krisna Sumarga
zoom-in Sandi Uno Sebut Area Snorkling Iboih di Pulau Rubiah Sabang Aceh Spot Premium
SERAMBI INDONESIA
Menparekraf Sandiaga Uno menyerahkan piagam ke Pj Wali Kota Sabang setelah Desa Wisata Iboih masuk dalam nominasi 75 penerima Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI). 

TRIBUNNEWS.COM, SABANG – Desa Wisata Iboih masuk dalam nominasi 75 calon penerima Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) Kementerian Pariwisata Ekonomi Kreatif RI.

Desa wisata ini mengandalkan spot-spot penyelaman atau snorkling, yang dinilai terbaik dan kelas premium yang dikelola sebuah kelompok desa wisata.

Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno menyerahkan piagam penghargaan visitasi di Desa Wisata Iboih, Kota Sabang, Rabu (12/4/2023).

Kedatangan Sandi Uno disambut Pj Wali Kota Sabang, Reza Fahlevi dan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Kadisbudpar) Aceh, Almuniza Kamal.

Sandiaga bersama istrinya Nur Asia Uno, mengunjungi dan berbelanja, serta turut mempromosikan hasil karya UMKM & Ekraf Iboih di Pasar Seni Pantai Iboih.

Pria yang sering disapa Mas Menteri ini juga mengunjungi spot kuliner ibu PKK Iboih dan tenda kelompok usaha masyarakat di pantai Iboih, sembari berjalan menuju Iboih Dive Center untuk melakukan diving bersama Pj Wali Kota Sabang.

Setelah menyelam di spot diving Pulau Rubiah, Mas Menteri menetapkan Desa Iboih, Kota Sabang, sebagai salah satu desa wisata dari 75 desa wisata terbaik dalam ajang ADWI 2023.

BERITA TERKAIT

"Saya menetapkan Desa Iboih sebagai desa wisata terbaik dan kami yakin kunjungan wisata ke sini akan semakin meningkat," kata Sandiaga Uno di Jembatan Teupin Layeu.

Ia juga menyatakan spot snorkling dan menyelam (diving) di Desa Wisata Iboih merupakan spot dengan kualitas premium.

Spot snorkling tersebut harus dimanfaatkan secara maksimal dan dikemas dengan baik karena merupakan daya tarik utama bagi wisatawan yang akan berlibur ke Sabang, khususnya Desa Wisata Iboih.

"Snorkling dan diving di Desa Wisata Iboih Sabang sangat luar biasa dan ini menjadi daya tarik utama untuk wisatawan berkunjung ke sini. Potensinya premium dan bisa dikembangkan dengan kelengkapan homestay yang lebih baik, sehingga mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakatnya," ujar Sandiaga Uno.

Pada kesempatan tersebut, Pj Wali Kota Sabang, Reza Fahlevi atas nama masyarakat Kota Sabang, mengucapkan terima kasih kepada Menparekraf yang telah hadir di tengah-tengah masyarakat, khususnya para pelaku wisata di Kota Sabang.

Ia juga optimistis dukungan semua pihak di Sabang, khususnya Kemenparekraf, akan menjadikan Sabang sebagai daerah tujuan wisata kelas dunia.

"Kita terus berbenah dan meningkatkan sektor pariwisata di Sabang termasuk meningkatkan SDM-nya. Oleh karena itu, kami berharap dukungan penuh dan bimbingan arahan Pak Menteri agar Sabang ini menjadi salah satu destinasi berkelas dunia," harapnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas