Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Air Terjun Ogi Satu di Antara Hidden Gem Bajawa Ngada NTT

Air Terjun Ogi adalah hidden gem di Bajawa, Kabupaten Ngada, Nusa Tenggara Timur. Air terjun ini terletak hanya 5 km dari pusat kota Bajawa

Editor: Setya Krisna Sumarga
zoom-in Air Terjun Ogi Satu di Antara Hidden Gem Bajawa Ngada NTT
TRIBUN FLORES/ERIK RINALDO
Panorama alami di kawasan air terjun Ogi, Bajawa, Kabupaten Ngada, Provinsi Nusa Tenggara Timur. Air terjun ini hanya lima kilometer lokasinya dari pusat kota Bajawa. 

TRIBUNNEWS.COM, BAJAWA  - Air terjun Ogi adalah destinasi menarik di Kabupaten Ngada, Nusa Tenggara Timur. Tempat wisata ini berlokasi sekira lima kilometer dari Kota Bajawa.

Dari jalan utama pengunjung harus berjalan kaki menuju air terjun sejauh 800 meter. Menyusuri jalan tanah dan berbatu.

Satu di antara sedikit hidden gem ini persisnya terletak di Desa Pape, Kelurahan Faobata, Kecamatan Bajawa, Kabupaten Ngada.

Alam Pulau Flores layaknya surga yang menyuguhkan mahakarya yang diakui dunia. Laut, gunung, budaya, sejarah dan masyarakatnya berpadu indah dan harmoni.

Sepanjang perjalanan menuju Air Terjun Ogi, pengunjung dihadapkan dengan panorama, lahan sawah dan pepohonan hijau di bukit.

Saat berkunjug pada musim tanam akan terlihat tanaman padi yang hijau. Sebaliknya saat datang memasuki musim panen, hamparan sawah yang menguning kian menggoda.

Panorama tersebut mengantarkan pengunjung hingga tiba di tempat wisata. Saat tiba, terdengar deru air yang jatuh dari ketinggian tebing.

BERITA TERKAIT

Riak airnya memecahkan kesunyian kawasan wisata air terjun Ogi. Tak heran bila riak air terjun ini terdengar jelas karena debit air yang cukup besar.

Alamnya yang asri dan hijau menyambut kedatangan pengunjung saat tiba di air terjun Ogi. Airnya mengalir deras pada dinding tebing batu yang tinggi sekitar 30 meter.

Sebagian dinding tebing air terjun Ogi ditumbuhi lumut menyatu dengan dinding berwarna hitam, membuatnya kian menarik dan cantik.

Terlihat jelas pada sisi kiri dan kanan air terjun terdapat batu-batu besar yang ditumbuhi rumput dan lumut hijau.

Gradasi warna alam yang didominasi warna hijau ini bertaut menjadi lanskap alam yang sempurna.

Surga tersembunyi atau hiden gem layak disematkan untuk air terjun Ogi. Air yang mengalir pun segar dan dingin dapat meredahkan dahaga.

Selain menikmati kemegahan panorama alam, pengunjung berendam atau berenang pada kolam. Cukup dalam, baiknya untuk pengunjung yang bisa berenang.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas