Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Hari Ini 13 Ribu Orang Kunjungi Monas

Selain Ancol, obyek wisata lain yang ramai dikunjungi warga Jakarta dan sekitarnya saat libur Lebaran, adalah Tugu Monas.

Penulis: Muhammad Zulfikar
zoom-in Hari Ini 13 Ribu Orang Kunjungi Monas
TRIBUNNEWS.COM/DANNY PERMANA
Tugu Monumen Nasional 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Selain Ancol, obyek wisata lain yang ramai dikunjungi warga Jakarta dan sekitarnya saat libur Lebaran, adalah Tugu Monumen Nasional (Monas). Ribuan orang mengunjungi monumen yang dibangun pada 1961.

"Hari ini, sekitar 13 ribu orang mengunjungi Monas," kata Verony Sembiring, Pengawas Umum Pelayanan Monas kepada Tribun di kantornya, Rabu (22/8/2012).

Hari ini dan kemarin, lanjutnya, merupakan puncak ramainya pengunjung Monas. Selama dua hari, sekitar 13 ribu orang mendatangi Monas.

"Besok sudah ada warga yang masuk kerja, sehingga mereka membawa keluarganya untuk berlibur pada hari ini," tutur Verony.

Sejak Lebaran hingga sekarang, tercatat hampir 40 ribu orang datang ke Monas. Rinciannya, pada 19 Agustus sebanyak 5.000 orang, 20 Agustus 11.800 orang, 21 Agustus 13 ribu orang, dan 22 Agustus 13 ribu orang. Menurut Verony, mulai besok jumlah pengunjung Monas diperkirakan menurun.

"Paling besok hanya sekitar 5.000 pengunjung," cetusnya.

Tugu Monas merupakan kawasan yang terjangkau bagi masyarakat. Tiket masuknya hanya Rp 2.500 untuk dewasa, Rp 1.000 untuk mahasiswa atau pelajar dan anak-anak.

BERITA TERKAIT

Dengan membeli tiket tambahan sebesar Rp 7.500 untuk dewasa, serta Rp 3.500 untuk mahasiswa atau pelajar dan anak, pengunjung bisa naik ke pelataran puncak Tugu Monas setinggi 115 meter. Pelataran puncak Tugu Monas hanya dapat menampung sekitar 50 orang.

"Di atas kami menyediakan empat teropong untuk melihat panorama kota Jakarta," jelas Verony.

Bila tidak ingin ke atas, di bawah ada diorama (jendela peragaan) sejarah berjumlah 51 buah.

"Mulai dari zaman purbakala hingga zaman pembangunan," ujar Verony.

Juga, ada ruang kemerdekaan berisi empat atribut kemerdekaan, meliputi peta kepulauan RI, lambang negara Bhinneka Tunggal Ika, dan pintu gapura berisi naskah proklamasi kemerdekaan. Di ruangan ini pula kita dapat mendengar rekaman suara Bung Karno saat membacakan proklamasi.

Tugu Monas buka setiap hari mulai pukul 08:00 WIB hingga 15:00 WIB. Pada hari Senin di minggu terakhir setiap bulannya, Tugu Monas tutup. (*)

BACA JUGA

Sumber: TribunJakarta
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas