Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Ini Penyebab Banjir di Bundaran Hotel Indonesia

sampai setinggi 50 sentimeter atau dengkul orang dewasa.

Penulis: Y Gustaman
Editor: Rachmat Hidayat
zoom-in Ini Penyebab Banjir di Bundaran Hotel Indonesia
WARTA KOTA/ANGGA BN
Hujan merata mengguyur Jakarta, mengakibatkan sejumlah Jalan tergenang hingga tidak bisa dilalui. Seperti di Kawasan Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta Pusat, Kamis (17/1/2013) kemarin. Banjir setinggi 40-60cm membuat lalu lintas lumpuh total. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Badan Nasional Penanggulangan Bencana menilai ada tiga faktor yang menyebabkan Bundaran Hotel Indonesia dan kawasan Jalan MH Thamrin tergenang banjir yang cukup parah sampai setinggi 50 sentimeter atau dengkul orang dewasa.

"Pertama curah hujan besar, kedua kapasitas drainase perkotaan masih terbatas, dan ketiga faktor utamanya Cideng meluap kiriman Banjir Kanal Barat," ujar Kepala Pusat Informasi dan Humas BNPB, Sutopo P Nugroho di Jakarta, Jumat (18/1/2013).

Menurut Sutopo, semua pembuangan sebagian besar air mulai dari Jalan MH Thamrin lari ke Cideng. Ada juga ke Banjir Kanal Barat yang meluap kemudian menjebol tanggul di Jalan Latuharhari, Jakarta Pusat, kemudian menggerus tanah rel kereta.

Diketahui, karena intensitas hujan tinggi pada Kamis kemarin, membuat Jalan MH Thamrin tergenang cukup tinggi setelah hujan turun sejak pukul 03.00 WIB. Genangan air tidak mengalir lantaran drainase yang ada juga buruk.

BERITA TERKAIT
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas