Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Asyik, Ada Boneka Lucu PMI Hibur Anak-anak di Penjaringan (Foto)

Untuk membantu korban banjir di wilayah DKI Jakarta, Palang Merah Indonesia (PMI) Provinsi DKI Jakarta

Editor: Widiyabuana Slay

TRIBUNNEWS.COM - Untuk membantu korban banjir di wilayah DKI Jakarta, Palang Merah Indonesia (PMI) Provinsi DKI Jakarta bekerjasama dengan PT Bank Central Asia (BCA) melaksanakan kegiatan bakti sosial pasca banjir. Kegiatan tersebut telah dilaksanakan sejak tanggal 27 Januari 2013 yang lalu di kelima wilayah Ibukota bersama PMI Kota se DKI Jakarta.

Seperti yang ditulis dalam siaran pers PMI ke redaksi Tribunnews.com, Kamis (31/1/2013), kegiatan bakti sosial dilaksanakan untuk warga RW 8, 9, 10, 12 dan 13 Kelurahan Pejagalan, bertempat di Kantor Kelurahan Pejagalan, Jalan Teluk Gong Raya, Kecamatan Penjaringan Jakarta Utara.

Ketua PMI Provinsi DKI Jakarta Rini Sutiyoso hadir bersama Pengurus PMI Kota Jakarta Utara, Senior Advisor Corporate Secretary BCA Sapto Rachmadi dan Lurah Pejagalan Joni.




Pada pasca banjir ini, kata Rini Sutiyoso, PMI memberikan bantuan berupa pengobatan, dukungan psikososial pada anak-anak, dan alat-alat kebersihan (cleaning kit).

“Kami mengucapkan banyak terima kasih kepada BCA yang selama ini telah banyak memberikan bantuan dan kepeduliannya kepada PMI DKI Jakarta di dalam mengatasi masalah-masalah kemanusiaan,” kata Rini Sutiyoso.

Rini Sutiyoso juga mengucapkan terima kepada pihak kelurahan Pejagalan yang telah memberikan fasilitas untuk kegiatan bakti sosail pasca banjir. “Terima kasih juga kepada Lurah Pejagalan yang telah memfasilitasi tempat ini untuk kegiatan kemanusiaan,” ucap Rini Sutiyoso.

Usai acara pemberian bantuan secara simbolis, Ketua PMI Provinsi DKI Jakarta Rini Sutiyoso meninjau kegiatan pengobatan dan berdialog dengan warga. Rini Sutiyoso juga berdialog dengan 150 anak-anak di Balai Warga Kelurahan Pejagalan sambil bernyanyi dan bermain dalam kegiatan PSP (Psychosocial Support Program/dukungan psikososial).

BERITA TERKAIT

Sementara itu, Lurah Pejagalan menuturkan, sejak tanggal 18 Januari 2013 Kelurahan Pejagalan hampir seluruhnya lumpuh. Di daerah tersebut, ketinggian air antara 50 sampai 150 cm, dan yang paling tinggi berada di RW 12 dan 13 yaitu hampir mencapai 160 cm. 

“Tapi, alhamdulillah keadaan tersebut dapat kita atasi dengan baik.  PMI yang pada waktu itu langsung sigap dengan melakukan evakuasi, sehingga semua bisa berjalan dengan baik,” jelas Joni.

Lurah Pejagalan juga mengucapkan terima atas bantuan yang diberikan. “Saya atas nama Lurah dan atas nama warga yang terkena musibah banjir mengucapkan kepada PMI dan BCA yang telah melaksanakan Baksos ini,” ungkap Joni.

Sementara itu, Senior Advisor Corporate Secretary BCA Sapto Rachmadi menyatakan, selama ini BCA sudah lama bekerjasama dengan PMI.  “Bantuan yang diberikan oleh BCA diharapkan dapat meringankan korban banjir,” jelas Sapto Rachmadi.

“Harapan kami, kerjasama dengan PMI tetap berjalan terus dan kita bisa saling bersinergi untuk membantu masyarakat yang terkena korban,” ujar Sapto Rachmadi.

Warga yang datang pada kegiatan bakti sosial  merasa senang dan mengucapkan terima kasih atas bantuan yang diberikan. Seperti yang disampaikan warga RT 3 RW 12 Kelurahan Pejagalan, Ibu Ika. “Saya mengucapkan terima kasih atas bantuan yang diberikan. Tentunya sangat membantu dengan bantuan yang diberikan PMI,”  tutur Ibu Ika.

Menurut pengakuan Ibu Ika, pada banjir yang lalu rumahnya kena banjir setinggi 2 meter dan tenggelam.

Pada bakti sosial tersebut warga mendapat bantuan berupa pelayanan kesehatan untuk 1000 orang, cleaning kit sebanyak 500 paket (ember, gayung, karbol, alat pel, sikat, sabun cuci, pewangi lantai, spons, sabun pencuci piring, detergent), dan kegiatan PSP (Psychosocial Support Program/dukungan psikososial) untuk 150 anak PAUD, TK dan SD.

 Dalam mendukung kegiatan tersebut, PMI telah mengerahkan 17  dokter, 6 Asisten dokter, 2 apoteker, Pengurus, Staf, KSR (Korps Suka Rela) dan anggota SIBAT (Siaga Bencana Berbasis Masyarakat).

METROPOLITAN POPULER

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas