Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Pinggiran Ibu Kota Rawan Kriminal

Rikwanto mengatakan kelemahan dari pihaknya yakni berupa kurangnya jumlah personel dan daerah potensi rawan

Penulis: Theresia Felisiani
Editor: Rachmat Hidayat
zoom-in Pinggiran Ibu Kota Rawan Kriminal
Ilustrasi 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA---Pelaku aksi perampokan dan curanmor dengan senjata api makin menjamur di wilayah-wilayah perbatasan seperti Jakarta Timur, Depok, Bekasi dan Tangerang.

Adanya anggapan yang mengatakan, daerah perbatasan memang rawan aksi kriminalitas juga diamini oleh Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Rikwanto.

"Unit reaksi cepat tanggap yang diusung kepolisian memang memiliki kelemahan terutama dalam menindak pelaku kriminalitas yang kerap terjadi di wilayah perbatasan," ucap Rikwanto, Rabu (27/2/2013).

Rikwanto mengatakan kelemahan dari pihaknya yakni berupa kurangnya jumlah personel dan daerah potensi rawan yang banyak.

Selain itu, menurut Rikwanto, para pelaku kejahatan tersebut juga sudah mempelajari kemana mereka harus melarikan diri usai beraksi termasuk rute pelarian diri yang dinamis.

Lebih lanjut Rikwanto mengatakan ciri-ciri wilayah yang rawan aksi kriminalitas, ialah wilayah yang berhimpitan dengan perbatasan, dan kehidupan masyarakatnya heterogen dan banyak pendatang.

"Jadi kalau tingkat ekonomi sebuah wilayah itu semakin baik, akan muncul kos-kosan. Karena banyak perputaran uang yang terjadi. Nah para pemilik rumah kos inilah, harus lebih waspada terhadap penyewa kos yang baru," terang Rikwanto.

BERITA REKOMENDASI

Dijelaskan Rikwanto, penyewa kos baru harus menjadi perhatian pasalnya pola hidup yang digunakan pelaku kejahatan itu biasanya berpindah-pindah.

Sehingga para pelaku tersebut akan menetap disebuah rumah kos dua atau tiga bulan. Setelah berhasil melakukan kejahatan maka akan pindah ke tempat lain. Dan seperti itu seterusnya.

Rikwanto juga menambahkan agar masyarakat juga ikut membantu dan berperan dalam membangun sistem pengamanan yang baik karena polisi tidak bisa bekerja sendirian melainkan harus ada kerjasama dari berbagai pihak.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas