Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
Desktop Version

HUT DKI Jakarta

Pentaskan Berbagai Festival, Jakarta Siap Dikunjungi 2,4 Juta Wisatawan

Ibukota Jakarta merupakan titik temu bagi seni budaya nasional dan internasional, bahkan menjadi barometer perkembangan budaya

Pentaskan Berbagai Festival, Jakarta Siap Dikunjungi 2,4 Juta Wisatawan
TRIBUNNEWS.COM/BAHRI KURNIAWAN
Warga saksikan Jakarta Festival Night 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Ibukota Jakarta merupakan titik temu bagi seni budaya nasional dan internasional, bahkan menjadi barometer perkembangan budaya bangsa Indonesia. Berdasarkan kekuatan tersebut, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi DKI Jakarta berupaya menjadikan Jakarta sebagai destinasi wisata internasional yang modern.

Dengan menjadikan Jakarta sebagai Kota Festival, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta menargetkan 2,4 juta wisatawan akan berkunjung ke Ibukota pada tahun ini. Jumlah ini lebih tinggi dibanding tahun sebelumnya yang tercatat mencapai 2,1 juta wisatawan.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta, Arie Budhiman mengatakan, berbagai festival bertaraf internasional yang digelar di Jakarta tahun ini akan mendongkrak dan mencapai target yang diharapkan. Festival-festival itu digelar dengan model pesta rakyat di ruang-ruang publik.

"Seperti Jakarta Night Festival kemarin yang digelar di koridor Sudirman, Bundaran HI, dan Monumen Nasional, festival-festival ini akan memanfaat ruang-ruang publik seperti Taman Fatahillah, Taman Mini, dan lainnya," kata Arie usai konferensi pers Enjoy Jakarta International Folklore Festival 2013 di Gedung Adi Sasono, Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur, Rabu (26/6/2013) malam.

Menurutnya, selain festival bertema pesta rakyat di ruang publik, hingga akhir tahun ini berbagai event internasional digelar di Jakarta untuk turut menyumbang peningkatan wisatawan.

Lebih lanjut Arie menuturkan, salah satu festival yang bertaraf internasional di antaranya Festival Agung Keraton Se-dunia. Dalam kegiatan yang rencananya digelar pada tanggal 5-8 Desember 2013 mendatang ini, Jakarta menjadi tuan rumah bagi para raja dari seluruh dunia dunia.

Ada j uga Jakarta Biennale yang merupakan perhelatan akbar seni rupa Indonesia. Selain itu, dalam waktu dekat Jakarta akan menjadi tuan rumah Islamic Solidarity Games, event olahraga negara-negara muslim yang tergabung dalam Organisasi Kerjasama Islam.

"Yang sudah terkonfirmasi terdapat 6.000 atlet dari 58 negara yang akan mengikuti event ini," kata Arie.

Penulis: Wahyu Aji
Editor: Johnson Simanjuntak
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas