Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Mobil Murah Buat Laju Kendaraan di Jakarta Cuma 5 Km/Jam?

Angka pertumbuhan kendaran di Jakarta atas hadirnya Low Cost Green Car (LCGC)diprediksi kian meningkatkan tingkat kemacetan.

Penulis: Adiatmaputra Fajar Pratama
Editor: Hasiolan Eko P Gultom
zoom-in Mobil Murah Buat Laju Kendaraan di Jakarta Cuma 5 Km/Jam?
KOMPAS/TOTOK WIJAYANTO
Kendaraan terjebak dalam antrean panjang di tol dalam kota dan Jalan Gatot Subroto di kedua arah di kawasan Senayan, Jakarta, saat jam pulang kerja, Selasa (18/12/2012). Pemprov DKI Jakarta berencana membuat kebijakan pembatasan kendaraan pribadi di sejumlah ruas jalan untuk mengurangi kemacetan di Jakarta. KOMPAS/TOTOK WIJAYANTO 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Angka pertumbuhan kendaran di Jakarta atas hadirnya Low Cost Green Car (LCGC) alias mobil murah diprediksi kian meningkatkan tingkat kemacetan. Ketua Organisasi Pengusaha Nasional Angkutan Bermotor di Jalan (Organda) Ekasari Lorena, menyebut itu akan berdampak pada menurunnya rata-rata laju kendaraan di ibu kota.  

Ekasari mengungkapkan saat ini penurunan kecepatan kendaraan terjadi dua hingga empat persen/bulan atau 20-30km/jam.

"Bisa-bisa nanti akan menjadi 5-20km/jam, ini sangat menyedihkan," kata Ekasari, Rabu (9/10/2013).

Ekasari menilai seharusnya ada prioritas dalam kebijakan itu, terutama terkait dengan angkutan umum. Pasalnya angkutan yang ada saat ini jumlahnya hanya empat persen dan sisanya 96 persen masih menggunakan kendaraan pribadi.

"Revitalisasi terhadap angkutan umum sudah sangat diperlukan agar terjadi mobilisasi dari penggunaan kendaraan pribadi ke angkutan umum," ungkap Ekasari

BERITA TERKAIT
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas