Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Kementerian PU Targetkan Normalisasi Ciliwung Selesai 2016

Kementerian Pekerjaan Umum (PU) menargetkan pengerjaan normalisasi kali Ciliwung rampung pada tahun 2016 mendatang.

Penulis: Imanuel Nicolas Manafe
Editor: Hasiolan Eko P Gultom
zoom-in Kementerian PU Targetkan Normalisasi Ciliwung Selesai 2016
Warta Kota/adhy kelana
BERSIH DARI SAMPAH - Wajah baru pintu air Manggarai terlihat dengan tidak menumpuknya sampah aliran kali Ciliwung membuat arus air terlihat lancar, Jumat (15/11). Rencana Pemprov DKI mengeluarkan Perda No 3/2013 tentang larangan membuang sampah sembarangan dengan sanksi denda RP 500.000 menjadi jurus ampuh untuk meningkatkan kesadaran warga Jakarta menjaga kebersihan lingkungannya. (Warta Kota/adhy kelana/kla) 

Laporan Wartawan TRIBUNnews.com, Nicolas Timothy

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kepala balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung-Cisadane Ditjen SDA Kementerian Pekerjaan Umum (PU), T. Iskandar menargetkan pengerjaan normalisasi kali Ciliwung rampung pada tahun 2016 mendatang.

"Karena 19 kilometer itu tidak terlalu panjang. Tiap jalan yang dilalui tidak pendek," ujar Iskandar usai melakukan pertemuan dengan Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo di Balai Kota, Jakarta, Kamis (5/12/2013).

Iskandar mengatakan, membutuhkan waktu 3 tahun merampungkan kali Ciliwung lantaran juga terkait masalah pembebasan lahan. Hal ini juga merupakan masalah dominan yang menyebabkan lamanya pengerjaan.

"Ini karena berhubungan dengan masyarakat. Harus bertahap. Tapi komitmen DKI besar dan Pemerintah Pusat Dirjen Air berikan apresiasi," tutur Iskandar.

Selain itu, Iskandar mengatakan pihaknya menunggu Pemprov DKI membuat trase. Setelah selesai dibuat, barulah pihaknya turun melakukan mengatur trase dengan kondisi aktual di lapangan.

"Kami sudah koordinasi dengan Pemprov. Trase diharapkan tahun depan bisa dimulai," kata Iskandar.

BERITA TERKAIT
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas