Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Polri Harus Tegas Sikapi Penyekapan 17 PRT

Ketua Presidium Indonesian Police Watch (IPW), Neta S Pane, menyoroti kinerja kepolisan yang menangani kasus ini

Penulis: Danang Setiaji Prabowo
Editor: Dewi Agustina
zoom-in Polri Harus Tegas Sikapi Penyekapan 17 PRT
Warta Kota/Soewidia Henaldi
Ny Muti istri dari Brigjen Pol (Purn) Mangasi Situmorang saat diperiksa polisi terkait dugaan penyiksaan dan penyekapan pembantu rumah tangga 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Profesionalisme Polri diuji dalam kasus dugaan penyekapan dan kekerasan terhadap 17 pembantu rumah tangga (PRT) di Bogor, Jawa Barat, yang diduga melibatkan mantan perwira tinggi Polri Brigjen Pol (Purn) Mangasi Situmorang bersama istrinya.

Ketua Presidium Indonesian Police Watch (IPW), Neta S Pane, menyoroti kinerja kepolisan yang menangani kasus ini. Menurutnya, terdapat sebuah keraguan untuk menindak lebih lanjut.

"Polresta Bogor tak menanggapi ini secara serius, mereka kalang kabut ketika LSM dan Kapolda turun tangan. Dugaan melindungi korps disini sangat kuat," ucap Neta, Kamis (27/2/2014).

Neta juga mengisyaratkan kasus ini akan menambah berat citra buruk kepolisian di mata masyarakat.

"Ini sebuah preseden buruk bagi pembangunan citra Polri sebagai aparat penegak hukum," lanjutnya.

Sedangkan anak mantan Kapolri Widodo Budidarmo, Destina Lestari, menyayangkan terjadinya peristiwa penyekapan dan kekerasan terhadap 17 PRT di kediaman Brigjen Pol (Purn) Mangisi Situmorang.

"Sangat tidak manusiawi. Entah apa yang di pikiran pelaku saat itu, saya sangat malu apalagi pelaku berasal dari lingkungan kepolisian juga," ucap Destina.

BERITA TERKAIT

Ia juga mempertanyakan kehadiran suami pelaku saat itu. Sebagai seorang perwira tinggi kepolisian, menurutnya Brigjen Mangasi Situmorang harus bertanggungjawab terhadap perilaku isterinya.

"Tidak mungkin suaminya tidak tahu. Dia kan sudah tak aktif lagi jadi pasti selalu di rumah. Memberi rasa aman di rumahnya saja tidak bisa, bagaimana jika ditugaskan untuk melayani masyarakat di luar," paparnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas