Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
Desktop Version

Ahok Akui Proyek Monorel PT Adhi Karya Lebih Oke

Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama memiliki pandangan yang berbeda antara proyek monorel yang digarap PT Adhi Karya

Ahok Akui Proyek Monorel PT Adhi Karya Lebih Oke
WARTA KOTA/ANGGA BHAGYA NUGRAHA
Konsorsium BUMN yang dipimpin PT Adhi Karya (persero) Tbk memamerkan prototipe monorel di silang Monas, Jakarta Pusat, Rabu (26/6/2013). Warga berbondong-bondong ingin mencoba naik monorel karena gratis. Warta Kota/angga bhagya nugraha 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Nicolas Timothy

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama memiliki pandangan yang berbeda antara proyek monorel yang digarap PT Adhi Karya dengan proyek monorel milik PT Jakarta Monorail.

"Saya kira, mereka lebih siap membangun monorail karena mereka adalah BUMN. Sedangkan PT Jakarta Monorail kan swasta murni. Yang monorel BUMN itu oke," ujar Basuki atau akrab disapa Ahok, Jumat (28/2/2014).

Kesiapan dari PT Adhi Karya dalam mengerjakan proyek monorel yang dilihat Ahok yaitu PT Adhi Karya berani mengambil keputusan, apabila proyek monorel tidak berhasil dibangun, maka seluruh properti yang sudah ada disita.

"Selama dia (Adhi Karya) tidak mewajibkan kami membeli dan dia berani kalau tidak selesai, seluruh bangunan akan kami sita, ya boleh-boleh saja," kata mantan Bupati Belitung Timur ini.

Seperti diketahui, PT Adhi Karya berencana membangun tiga koridor monorail. Ketiga rute tersebut adalah Bekasi-Cawang, Cibubur-Cawang dan Cawang-Kuningan. Rute yang dibangun tersebut berdasarkan hasil kajian yang telah dilakukan PT Adhi Karya.

Dari hasil kajian tersebut, ditemukan 67 persen kemacetan di Jakarta bermuara dari arus lalu lintas Cikampek, Bekasi hingga ke Cawang. Kemudian dari tol Jagorawi hingga ke Jakarta.

Atas dasar kajian tersebut, PT Adhi Karya berencana membangun monorel dengan rute Kuningan-Cawang-Bekasi Timur dan Cawang-Cibubur sepanjang 52 km yang diproyeksikan memerlukan dana sebesar Rp 8,4 triliun.

Saat ini, pembangunan monorel sedang menunggu peraturan presiden (perpres). Seharusnya, Perpres tersebut sudah rampung pada akhir tahun 2013. Namun karena ada beberapa kendala, maka diharapkan Perpres mengenai pembangunan monorel ini bisa diterbitkan pada tahun ini.

Ikuti kami di
Tribun JualBeli
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas