Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Liburan Long Weekend, 25.800 Tiket KA Ludes

Sementara untuk hari Senin (31/3), tiket perjalanan kereta api tinggal tersisa sekitar 15 persen atau 3.870 tiket

Editor: Hendra Gunawan
zoom-in Liburan Long Weekend, 25.800 Tiket KA Ludes
Tribun Jateng/Wahyu Sulistiyawan
Uji Coba Jalur: Kereta Argo Bromo Anggrek melintasi satu ruas jalur doble track (rel ganda) di Stasiun Brumbung, Kecamatan Mranggen, Kabuoaten Demak, Jateng, Rabu (28/8/2013). Proyek yang sudah dikerjakan sejak 2012 baru akan dioperasikan dari stasiun Alastua, Kota Semarang hingga Stasiun Gubug, Kabupaten, Grobogan. (Tribun Jateng/Wahyu Sulistiyawan) 

Laporan Wartawan Warta Kota, Bintang Pradewo

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -- Liburan panjang atau disebut long week end pada Sabtu (29/3) sampai Senin (31/3), banyak dimanfaatkan masyarakat Ibukota untuk ke luar kota. Akan tetapi, tiket perjalanan moda transportasi massal kereta api sudah habis terjual. Hal ini menyebabkan masyarakat berburu tiket di Stasiun Gambir, Jakarta Pusat, Jumat (28/3/2014) siang.

Kepala Humas PT Kereta Api (KAI)Daops 1, Agus Komarudin menjelaskan bahwa tiket kereta api liburan panjang hingga Hari Raya Nyepi, sudah habis terjual. Hal ini dikarenakan kebanyakan calon penumpang sudah membelinya sejak jauh-jauh hari melalui online dan penjualan di minimarket seperti Alfamart dan Indomaret.

Namun, kereta api jarak menengah masih tersedia banyak. "Tiket untuk long week end ini sudah habis terjual hingga hari Sabtu (29/3/2014). Kami sediakan tiket sebanyak 25.800 tiket baik kursi ekonomi dan kursi eksklusif," kata Agus saat dihubungi Warta Kota di Stasiun Gambir, Jakarta Pusat, Jumat (28/3).

Agus menjelaskan bahwa tiket untuk perjalanan kereta api untuk hari Minggu (30/3), tinggal tersisa 20 persen atau sekitar 5.160 tiket. Sementara untuk hari Senin (31/3), tiket perjalanan kereta api tinggal tersisa sekitar 15 persen atau 3.870 tiket. Untuk daerah operasional 1 yaitu wilayah Jakarta menyediakan 56 kereta dibeberapa stasiun.

"Untuk tiket hari Sabtu (30/3) dan Minggu (31/3) masih banyak. Kami tidak menyediakan kereta tambahan dalam liburan panjang akhir pekan ini," tutur Agus.

Kemudian, dia menambahkan bahwa perjalanan kereta api pada libur panjang ini, masyarakat tetap memilih tujuan Jawa Tengah dan Jawa Timur. Beberapa kota seperti Yogyakarta, Semarang, Solo, serta Surabaya menjadi pilihan masyarakat untuk menghabiskan hari liburnya menggunakan kereta api.

BERITA TERKAIT

"Paling banyak tetap daerah Jawa Tengah dan Jawa Timur. Akan tetapi, daerah lain tetap merata," imbuhnya.

Untuk tarif kereta api dalam liburan panjang dimanfaatkan PT KAI untuk menggunaikan tarif batas atas. Akan tetapi, untuk tarif kereta ekonomi tidak ada kenaikan.

"Tarif menggunakan batas atas seperti kereta Argo Lawu dari Rp 300 ribu menjadi Rp 375.000," tuntasnya.

Pantauan Warta Kota, di Stasiun Gambir masih banyak masyarakat yang mencari tiket untuk menikmati liburan long weekend di kampung halamannya. Terlihat beberapa masyarakat mencetak tiket di Stasiun. Tak hanya itu, ratusan penumpang sudah memadati Stasiun Gambir untuk pulang ke kampung halamannya dengan menggunakan kereta api.

Sumber: Warta Kota
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas