Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Protokoler Bikin SBY Tak Leluasa Blusukan Seperti Jokowi

Dua tokoh pun disorot dalam peristiwa itu: Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo dan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Penulis: Danang Setiaji Prabowo
Editor: Rendy Sadikin
zoom-in Protokoler Bikin SBY Tak Leluasa Blusukan Seperti Jokowi
Istimewa
Susilo Bambang Yudhoyono dan Jokowi. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kebakaran Pasar Senen, Jakarta Pusat, seperti menjadi panggung pencitraan. Terlebih, menjelang pemilu Presiden 2014. Dua tokoh pun disorot dalam peristiwa itu: Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo dan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Politisi senior Partai Golkar, Yoris Raweyai, membandingkan gaya blusukan Jokowi dan blusukan yang dilakukan SBY. Menurutnya, Jokowi tak terlalu terikat protokoler seperti layaknya seorang presiden yang selalu dikawal ketat Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres).

"SBY itu terikat protokoler negara. Mungkin SBY juga tidak suka, tapi begitu masuk sistem pengamanan, itu suatu protokoler yang tidak bisa dilepas," ujar Yoris saat acara diskusi politik di Hotel Grand Alia, Cikini, Jakarta Pusat, Minggu (27/4/2014).

Yoris mengatakan SBY begitu terikat protokoler. Sebab, Pasukan Pengamanan Presiden enggan kecolongan dan tidak ingin mengambil risiko sekecil apapun. Apalagi, kata Yoris, tantangan keamanan saat ini sering dihantui tindakan terorisme.

"SBY mungkin tidak suka. Tetapi Paspampres tidak mengambil risiko sekecil apapun. Apalagi tantangan keamanan dihantui terorisme. Blusukan itu sah-sah saja, tapi begitu masuk sistem pengamanan itu suatu protokoler yang tidak bisa lepas," imbuhnya.

BERITA TERKAIT
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas