Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Ada Pungli di SPBG Wilayah Jakarta

Minimnya ketersediaan stasiun pengisian bahan bakar gas (SPBG) di DKI Jakarta berdampak pada layanan kepada para konsumen

Penulis: Catur W Edy
zoom-in Ada Pungli di SPBG Wilayah Jakarta
Wartakotalive.com/Mohamad Yusuf
Petugas tengah mengisi bahan bakar gas (BBG) pada bajaj melalui mobil pengisian BBG atau Mobile Refueling Unit (MRU) di kawasan Monas, Jakarta Pusat, Senin (5/5/2014). Minimnya Stasiun Pengisian Bahan bakar Gas (SPBG) di Jakarta, membuat sejumlah pengemudi bajaj yang hendak mengisi gas harus rela antre berjam-jam. Pengemudi bajaj meminta Pemerintah DKI Jakarta segera memperbanyak SPBG bagi bajaj agar tidak antre terlalu lama. Warta Kota/angga bhagya nugraha 

Topik Populer Jakarta Kecelakaan Lalin , Sodomi Sunter Pembersihan Monas

TRIBUNNEWS.COM, PALMERAH

Minimnya ketersediaan stasiun pengisian bahan bakar gas (SPBG) di DKI Jakarta berdampak pada layanan kepada para konsumen, terutama para awak angkutan umum, seperti sopir Bajaj.

Para sopir Bajaj pun mengeluh sulitnya mendapati SPBG di wilayah Jakarta. Kalau pun sudah mendapatkan SPBU, para sopir dihadapi persoalan lain, yakni mereka harus antre berjam-jam untuk bisa mengisi bahan bakar gas (BBG) untuk kendaraannya.

Seperti yang diungkap Udin (34), sopir Bajaj yang ditemui Warta Kota di areal SPBG Pulogadung di Jalan Pemuda , Pulogadung, Jakarta Timur. "Begini, kalau nggak banyak SPBG. Mau isi ulang, selalu antre panjang," ungkap Udin, belum lama ini.

Udin mengaku sering mengisi ulag BBG Bajaj yang dibawanya di SPBG Pulogadung. "Tapi, ya .. itu. Selalu antre. Nggak pagi, siang, sore, atau malam," ujar Udin yang mengaku selalu khawatir ketika tengah berada di lokasi yang tidak SPBG di sekitarnya. "Ya .. khawatirnya, bahan bakar habis, tapi di lokasi saya berada, nggak ada SPBG," kata Udin.

Sementara itu, sopir Bajaj lainnya, Yanto (42), mengatakan, antrean di SPBG, tidak hanya terjadi di SPBG Pulogadung, Jakarta Timur. "Kondisi itu terjadi di semua SPBG di Jakarta," ungkap Yanto yang ditemui Warta Kota di Jalan Raya Wijaya, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, belum lama ini.

BERITA REKOMENDASI

Yanto mengaku, kondisi panjangnya antrean di SPBG, ditambah banyaknya sopir Bajaj yang berebut lebih dulu dilayani, akhirnya dimanfaatkan sejumlah oknum SPBG untuk melakukan pungutan liar (pungli) kepada para sopir Bajaj.

"Setiap hari pasti ada pungli. Apalagi kalau antrean panjang bus Transjakarta. Biasanya, antrean lumayan panjang terjadi pukul 13.00 hingga 14.00 atau sekitar pukul 23.00," ungkap Yanto.

Jadi, lanjut Yanto, munculnya pungli, itu juga karena ada kebutuhan para sopir Bajaj yang tidak ingin berlama-lama antre. "Apalagi kalau kelihatan antrean bus Transjakarta sudah lumayan panjang. Sopir-sopir Bajaj itu jadi nyodok. Soalnya, kalau harus nunggu bus Transjakarta isi BBG, sudah pasti lama banget," kata Yanto.

Uang sogokan

Jika kondisinya seperti itu, ungkap sopir Bajaj lainnya, Supriyadi (40), mau tidak mau, harus memberi sogokan atau selipan. "Soalnya, kalo nggak gitu, nggak bakalan dikasih ngisi lebih cepat," ujar Supriyadi yang diamini Yanto.

Mengenai besaran uang sogokan ke oknum SPBG, Yanto menyebut angka, antara Rp 1.000 sampai Rp 2.000 untuk satu kali pengisian. "Cara ngasihnya, terang-terangan. Saat bayar ngisi SPBG. Jadi, saat bayar SPBG, ongkosnya kita lebihin. Kalau, ongkosnya, abis Rp 15.500, kita ngasih ke oknum SPBG itu Rp 17.000," ungkap Yanto.

Menurut sopir Bajaj, lainnya, banyak yang melakukan itu. "Itung-itung, bagi-bagi rezeki. Habis mau gimana lagi," kata seorang sopir Bajaj. (dwi/m4)

Warta Kota Cetak

Terpopuler Jakarta

Mayat Dalam Karung Plastik Diduga Korban Pembunuhan

Separuh Badan Markamah Terjepit di Luar Pintu Bus Putri Jaya

Polisi Masih Tunggu Hasil Psikotes Afrischa

Sumber: Warta Kota
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas