Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Warga Muslim BSD Dirikan Rumah Yatim Rp 2,6 Miliar

Warga muslim Bumi Serpong Damai yang tergabung dalam Keluarga Kerukunan Muslim BSD (KKMB) berhasil membangun Rumah Yatim Piatu Dhuafa senilai Rp 2,6 M

Penulis: Abdul Qodir
Editor: Dewi Agustina
zoom-in Warga Muslim BSD Dirikan Rumah Yatim Rp 2,6 Miliar
BSD City 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Warga muslim Bumi Serpong Damai yang tergabung dalam Keluarga Kerukunan Muslim BSD (KKMB) berhasil membangun Rumah Yatim Piatu Dhuafa senilai Rp 2,6 miliar dengan biaya sendiri.

Rumah Yatim Piatu berlantai 4 dengan puluhan kamar itu diresmikan oleh Wali Kota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diany menggantikan Menteri Sosial Salim Assegaf Al Juhri yang berhalangan hadir di Serpong.

"Ini sebuah gerakan dan kegiatan sosial yang luar biasa," kata Airin, Sabtu (31/5/2014).

Sementara itu Ketua Yayasan KKMB, Usamah Hisyam mengatakan proses pendirian Rumah Yatim Piatu dan Dhuafa tersebut murni dari kocek ribuan warga muslim yang tergabung dalam KKMB.

"Asal dana dari zakat, infak dan sodakoh warga selama setahunan, bulanan dan mingguan," katanya.

Bangunan empat lantai tersebut, menurut Usama, memiliki daya tampung sebanyak 102 anak.

"Saat ini baru 42 anak yang ada dan rencananya kami menampung 50 anak lagi," katanya.

BERITA TERKAIT

Dia menjelaskan, sejak berdiri tahun 1993, KKMB telah membangun Perguruan Almadani yang merupakan tempat pendidikan anak yatim piatu dan warga tidak mampu di sekitar BSD dari PAUD, Taman Kanak-kanak, SD, SMP hingga SMA yang diberinama Islamic Center Al-Madani BSD.

Dikatakan Usamah, KKMB masih membutuhkan 2.000 meterpersegi lahan yang ada di samping gedung itu. Sayangnya, kata dia, lahan kosong itu Fasos-Fasum milik pengembang BSD. Ia meminta agar Airin bisa membantu dalam membebaskan lahan tersebut. Airin berjanji akan mengkaji hal tersebut.

"Peruntukan lahannya untuk Ruang Terbuka Hijau Tangsel, tapi hal ini bisa kami kaji terlebih dahulu," katanya.

Untuk pengoperasian Rumah Yatim tersebut, banyak pihak juga yang memberikan bantuan. Seperti Bank Central Asia yang mengucurkan bantuan sebesar Rp 150 juta untuk kebutuhan mebeler anak-anak panti tersebut dan Kementerian Sosial RI memberikan bantuan Rp 63 juta.

"Ini merupakan program Bakti BCA di bidang sosial dan pendidikan," kata Corporate Secretary Bank BCA, Inge Setyawati yang hadir dalam acara tersebut.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas