Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Hati Hewan Kurban Mengandung Cacing, Kok Bisa?

Terbukti, di Jakarta Timur sendiri, telah ditemukan sebanyak 87,29 kilogram hati hewan kurban yang mengandung cacing.

Editor: Rendy Sadikin
zoom-in Hati Hewan Kurban Mengandung Cacing, Kok Bisa?
Tribun Jogja/Padhang Pranoto
Cacing hati (fasciola hepatica), ditemukan oleh tim pemantauan penyembelihan hewan kurban Dinas Pertanian Klaten, pada hati sapi kurban, yang disembelih di Dusun Gading Santren, Desa Belang Wetan, Klaten Utara, Sabtu (4/10/2014). 

Laporan Wartawan Warta Kota, Mohamad Yusuf

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Bagi masyarakat diimbau untuk hati-hati saat mengonsumsi hewan kurban. Pasalnya, pada bagian hati hewan, mudah terjangkit cacing yang membahayakan kesehatan manusia.

Untuk mendeteksinya pun sulit dilakukan jika hanya melihat fisik luar hewan. Terbukti, di Jakarta Timur sendiri, telah ditemukan sebanyak 87,29 kilogram hati hewan kurban yang mengandung cacing.

"Memang sulit untuk melihat apakah hati hewan mengandung cacing atau tidak, jika hanya melihat fisik luar hewan. Karena harus disembelih dulu agar melihat langsung hatinya," kata Sri Astutie, Kasie Peternakan Sudin Peternakan dan Perikanan Jakarta Timur, Selasa (7/10/2014).

Masuknya cacing ke hati hewan, tambahnya, melalui makanan yang dikonsumi hewan tersebut. Salah satunya, pada rumput atau daun di pagi hari yang masih terdapat embun. Dimana, di dalam embun tersebut, sudah terdapat larva atau bibit cacing.

"Karena itu, kami terus melakukan pemeriksaan pada hewan kurban hingga esok hari, untuk mengantisipasi cacing yang masuk ke dalam hati hewan," katanya.

BERITA TERKAIT
Tags:
Sumber: Warta Kota
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas